Kodim 0107/Aceh Selatan Uji Kesiapan Fisik Prajurit Periodik I

Kodim 0107 Aceh Selatan Uji Kesiapan Fisik Prajurit Periodik I

Aceh Selatan, acehportal.com – Kesiapan fisik prajurit Kodim 0107/Aceh Selatan diuji melalui tes kesamaptaan jasmani periodik I tahun 2018 yang diselenggarakan oleh staf operasi Kodim Aceh Selatan.

Dalam pelaksanaan Tes kesamaptaan jasmani diawasi oleh Pajas Kodim Aceh Selatan Kapten Inf Alfonso yang berlangsung di lapangan bola kaki Yonif 115/Macan Lauser, Desa Ujung Padang Asahan, Kecamatan Pasie Raja, Rabu (25/04/2018).

Menurut penuturan Bati Ops Kodim 0107/Asel Serka Hartoyo, pelaksanaan tes kesamaptaan atau Kesegaran jasmani (Garjas) periodik I ditunjuk sebagai perwira jasmani Kapten Alfonso dan sasarannya secara kuantitatif melibatkan seluruh personil Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS sejumlah 268 orang.

“Jumlah peserta Garjas periodik I tahun ini sebanyak 268 orang. Perwira 14 orang, bintara 136 orang, tamtama 129 orang dan PNS 7 orang,” terang dengan rinci.

Sasaran kualitatifnya, jelas Serka Hartoyo, mampu melaksanakan kegiatan Garjas A meliputi lari sepanjang 3.200 meter bagi militer dan 2.400 meter bagi PNS. Garjas B meliputi Pull Up, Push Up, Sit Up dan Suttle Run ditambah tes postur tubuh serta ketangkasan seperti renang dasar gaya dada jarak 50 meter.

“Peserta akan dinilai sesuai kategori umur dan wajib mengikuti semua tes, namun sebelumnya, peserta harus melalui pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Jika hasil kesehatan tidak mendukung maka akan ditunda pelaksanaannya,” jelasnya.

Sementara, Perwira jasmani Kodim 0107/Asel Kapten Inf Alfonso mengatakan pelaksanaan Garjas diselenggarakan selama tiga hari. Hari pertama diikuti sebanyak 143 orang yang dibagi dalam 5 gelombong.

“Ini hari pertama pelaksanaan Garjas, ada 143 orang yang mengikuti. Untuk kelancaran maka diatur lagi lima gelombong yang terdiri rata – rata 30 orang pergelombang.

Ia mengaku, pada hari pertama ini tidak semuanya mengikuti, dari 143 orang hanya 131 orang yang dinyatakan lulus tes kesehatan untuk melanjutkan tes Garjas. Sisanya sebanyak 12 orang terkendala karena faktor tensi tinggi.

“Faktor keamanan dan kesehatan menjadi perhatian utama dalam pelaksanaan Garjas. Jika prajurit dinyatakan oleh tim medis tidak memenuhi syarat kesehatan maka akan ditunda sampai yang bersangkutan normal,” ungkapnya.

Berdasarkan laporan dari penyelenggara kegiatan, untuk pelaksanaan Garjas periodik I hari pertama berlangsung aman dan tertib.

Komentar

Loading...