Senjata Dinas Polres Aceh Utara Diperiksa

Pemeriksaan senpi polres aceh utara

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Polres Aceh Utara memeriksa senjata api dinas Polri yang pinjam pakai seluruh personel jajarannya, baik senjata api laras panjang maupun senjata api laras pendek. Pemeriksaan ini dilakukan di Mapolres Aceh Utara, Rabu (18/4/2018) kemarin.

Kapolres Aceh Utara, AKBP Ian Rizkian Milyardin mengatakan, pemeriksaan senjata api dinas ini dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan senjata api oleh personel Polri di jajarannya.

"Ini rutin dilakukan agar penggunaan senjata api selalu dimonitor dan terkontrol oleh pimpinan yang dalam hal ini adalah Unit Propam sebagai pengemban fungsi pengawasan," ujar mantan Kapolres Aceh Singkil ini.

Kapolres juga berpesan kepada seluruh personel jajaran  agar menggunakan senjata api sesuai dengan prosedur, serta untuk menunjang pelaksanaan dinas kepolisian.

"Tidak boleh sembarangan dalam menggunakan senjata, harus sesuai prosedur. Pemeriksaan dilakukan dari kebersihan, jumlah amunisi hingga masa berlaku surat izin senpi itu sendiri," ungkap AKBP Ian Rizkian Milyardin.

Hasil pemeriksaan menunjukkan, sebagian besar bahkan hampir seluruh senjata dalam keadaan bersih terawat. Nomor seri dan lainnya pun sesuai dengan surat izin yang dipegang oleh personel.

Pihaknya juga mengingatkan kepada para personel agar lebih berhati-hati dan waspada saat membawa, menyimpan dan lainnya. Bagi personel yang ingin mengajukan permohonan atau perpanjangan izin senjata api pun diperketat.

"Anggota yang memegang atau menggunakan senjata api harus lulus tes seperti psikologi dan lulus pengawasan tingkah laku dalam dinas atau sikap. Diperketat pengurusan ajuan atau perpanjangan surat izin dilakukan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...