Kodim 0101/BS Lakukan Kesamaptaan Jasmani

Banda Aceh, acehportal.com – Kodim 0101/BS, laksanakan pembinaan fisik prajuritnya lakukan Test Kesamaptaan Jasmani (Samapta) periodik, untuk mengukur dan mengetahui kemampuan jasmani Prajuritnya dalam menjaga kebugaran tubuh dan membina fisik prajurit di Jajaran Kodim 0101/BS.

Giat Kesamaptaan yang dilaksanakan di Lapangan Olahraga Blang Padang, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Rabu (18/4/18), dalam pelaksanaan kegiatan test kesamaptaan tersebut, Kapten Inf Abd. Kadir sebagai koordinator penyelenggara kegiatan memberikan intruksi dan mengecek jumlah personel yang akan melaksanakan tes samapta.

Kegiatan samapta di awali dengan pemeriksaan kesehatan oleh tim Kesdam IM, di lanjutkan dengan senam pemanasan yang di pandu oleh Tim Samapta dan penjelasan mekanisme kegiatan sesuai dengan ketentuan dalam pelaksanaan test Samapta, kegiatan terdiri dari test kesegaran A yaitu lari 3200 M dan test kesegaran B yaitu Pull up, sit up, push up, selama 1 menit dan di akhiri dengan lari shuttle run.

“Kegiatan test samapta periodik ini wajib diikuti oleh seluruh prajurit, walaupun sebagai aparat teritorial juga dituntut harus dapat tetap menjaga stamina dan kebugaran tubuh. Karena dengan olah raga, kesehatan tubuh dan raga kita akan tetap terjaga dan terbina, sehingga dalam setiap pelaksanaan tugasnya akan selalu vit dan sehat,” ucap Kapten Inf Abd. Kadir, sebagai Koordinator Kegiatan.

Mayor Inf Eka Namah Soerana. P,sebagai Perwira pembina personel (Pasipers) Kodim 0101/BS, yang hadir pada kegiatan tersebut juga menyampaikan, untuk mengukur tingkat kebugaran Jasmani setiap prajurit, perlu dilaksanakan test Kesamaptaan Jasmani bagi prajurit, apakah meningkat atau sebaliknya menurun.

Hal ini sangat bagus sekali bagi pembinaan Prajurit, apalagi yang mau melaksanakan usul kenaikan pangkat (UKP) maupun sebagai kelengkapan adminitrasi mengikuti seleksi pendidikan. Apabila ada penurunan tingkat jasmani prajurit apalagi yang mau melaksanakan UKP maka perlu di adakan pembinaan fisik secara ekstra di satuannya.

Mayor Inf Eka Namah Soerana. P, juga mengatakan, ini merupakan program pembinaan satuan dibidang personel, yang bertujuan untuk mengukur kemampuan jasmani para prajurit, test ini juga untuk membentuk prajurit agar memiliki daya tahan tubuh yang sehat serta memiliki jasmani yang selalu siap dalam melaksanakan tugas pokoknya dengan baik, sasarannya agar setiap prajurit memiliki fisik yang prima, dan saat melaksanakan tugas tidak mudah mengalami kelelahan.

Komentar

Loading...