Peserta Apel Dansat Menembak Pistol dan Senapan

Aceh Besar, acehportal.com – Pelaksanaan Apel Komandan Satuan terbesar Kodam Iskandar Muda hari keempat, para peserta Apel Dansat melaksanakan menembak pistol dan menembak senapan di lapangan tembak Rindam IM, Japakeh, Aceh Besar. Kamis (12/04).

Kegiatan apel Dansat yang diikuti sebanyak 293 unsur Komandan jajaran Kodam Iskandar Muda, yaitu Danki, Danramil, Danyon, Dandim dan Danrem itu, mengusung tema “Melalui Apel Dansat TNI Angkatan Darat Tersebar TA. 2018, kita wujudkan prajurit yang profesional, berprestasi, mencintai dan dicintai rakyat dalam rangka mendukung keberhasilan tugas pokok Kodam Iskandar Muda”.

Menembak merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap prajurit. Di militer keterampilan menembak wajib mampu dan dikuasai oleh setiap prajurit, baik menembak pistol dan menembak senapan, karena ini merupakan bekal kemampuan apabila di medan sebenarnya melaksanakan pertempuran.

Pelaksanaan Apel Dansat, para peserta diuji untuk melaksanakan keterampilan berupa kemahiran menembak, dimana senjata yang digunakan oleh setiap perorangan menggunakan pistol dan senapan SS1 V2, termasuk pakaian yang digunakan PDL, Dragrim, dan topi Rimba.

Untuk materi menembak dilaksanakan di dua tempat yaitu untuk menembak senapan di lapangan tembak 100 M Rindam dengan jarak 100 meter dan sikap menembak tiarap, diawali dengan tembakan koreksi jumlah 3 butir munisi dilanjutkan penilaian dengan jumlah 10 butir munisi. Untuk menembak pistol di lapangan tembak 300 M, dengan sikap berdiri jarak 25 meter. Ketentuan menembak diawali dengan 3 butir munisi tembakan peninjauan dan dilanjutkan menembak penilaian dengan 5 butir munisi.

Untuk peserta Apel Dansat terbagi menjadi dua kompi yaitu untuk Kompi A melaksanakan menembak senapan SS1 V2 dan Kompi B melaksanakan menembak pistol, lajur yang digunakan sebanyak 20 lajur dari tiap-tiap kelompok yang melaksanakan menembak.

Tampak hadir dalam kegiatan Irdam, Danrem 011/LW, Danrem 012/TU, Danrindam, para Pa Ahli, Asisten , Kabalak, Wadan Rindam serta para unsur Dansat jajaran Kodam Iskandar Muda.

Komentar

Loading...