Pangdam IM Buka Apel Dansat Tersebar Kodam TA. 2018

Aceh Besar, acehportal.com - Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin, SH.S.I.P.MH, membuka Apel Komandan Satuan Tersebar Kodam Iskandar Muda TA. 2018 yang dipusatkan di Mako Rindam IM, Mata Ie. Senin (9/4/18).

Kegiatan Apel Dansat berlangsung selama empat hari, terhitung mulai tanggal 09 April hingga 12 April 2018 diikuti 293 peserta terdiri dari para Danrem, Danrindam, para Dan/Kabalakdam IM, Danbrigif 25/Siwah para Dandim, para Dansatpur/Dansatbanpur, para Danki dan para Perwira bidang Operasi satuan jajaran Kodam IM.

Apel Dansat ini sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan Apel Dansat TNI AD Terpusat 2018 yang digelar Cipatat Pusdikpasus, Situ Lembang, Jawa Barat 12 s/d16 Maret 2018 lalu.

Dalam sambutannya, Pangdam menyatakan bahwa kegiatan Apel Dansat merupakan kegiatan untuk menyatukan visi dan misi untuk menciptakan persamaan dalam pemahaman persepsi nilai-nilai jati diri prajurit sekaligus meningkatkan kualitas pembinaan persatuan yang ditunjukkan agar terbentuknya prajurit yang disiplin dan jago perang, jago menembak dan memiliki fisik yang prima.

Selain itu, lanjut Pangdam, juga untuk maksimalkan kepemimpinan lapangan Komandan Satuan sehingga dapat dirumuskan secara singkat dan jelas sebagaimana konsep pembinaan yang harus dilakukan Komandan Satuan sesuai dengan amanat Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto “kita harus membangun tentara yang profesional, disiplin dan rendah hati”.

Melalui profesionalisme, disiplin dan militan menjadikan kalian hebat dalam segala medan tugas sedangkan dengan rendah hati akan menghasilkan kemanunggalan yang kuat, sinergitas dari keempatnya menunjukkan kalian prajurit yang tangguh percaya diri dan dituntut bersikap tampil saat bersama rakyat bersikap profesional dan terukur dalam bertindak handal di medan tempur.

“Melalui Apel Dansat TNI Angkatan Darat Tersebar TA. 2018, kita wujudkan prajurit yang profesional, berprestasi, mencintai dan dicintai rakyat dalam rangka mendukung keberhasilan tugas pokok Kodam Iskandar Muda”, tema ini dapat menjadi pendorong semangat tekad dan kekuatan Komandan Satuan untuk senantiasa selalu berpartisipasi dan berbuat yang terbaik bagi keberhasilan dan kesuksesan pelaksanaan tugas. Terang Pangdam.Selain itu, dalam amanantnya, Pangdam juga menekankan pentingnya penegakan aturan yang dilakukan oleh Komandan Satuan tanpa diskriminasi, komitmen terhadap perkataan dan perbuatan dalam membuat keputusan yang fleksibel yang tidak merugikan prajurit dan keluarganya, Komandan satuan juga harus menjadi pencerah bagi prajurit, hanya dengan cara itu anda akan dihargai dan kharisma serta integritas pribadi yang ingin memecahkan masalah.

Dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab, lanjut Pangdam, Komandan satuan harus memiliki komitmen dan berani, jangan sampai prajurit kehilangan keyakinan bahwa anda akan dapat membantu mereka atau malah akan menyimpulkan bahwa anda tidak peduli pada mereka, ini adalah miss dan kegagalan kepemimpinan.

Pangdam berharap, kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari yang diisi dengan pembekalan, diskusi dan evaluasi hingga pemeliharaan kemampuan dasar prajurit dapat mencapai sasaran yakni trwujudnya kesamaan pemahaman tentang kebijakan TNI AD guna menjamin kesiapan operasional satua, terwujudnya ide atau pemikiran baru para Komandan satuan guna mendukung pencapaian tugas pokok dan meningkatnya profesional kemampuan dan keterampilan Komandan satuan serta berkembang yang inovasi pembinaan teritorial oleh Komandan satuan komando.

Upacara pembukaan Apel Dansat turut dihadiri Kasdam IM, Irdam IM, para Asisten Kasdam, para perwira Ahli Pangdam serta LO AU dan LO AL.

Komentar

Loading...