5 Kabupaten Belum Tersalurkan Dana Desa

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM – kepala Kantor Wilayah Direktorat  Jendral Perbemdaharaan Provinsi Aceh Zaid Burhan Ibrahim menyebutkan terdapat lima Kabupaten yang belum tersalurkan  dana desa untuk tahap pertama anggaran tahun 2018.

“Belum dapat dicairkan dana desa di lima kabupaten itu  disebabkan belum melengkapi persyaratan terkait penyaluran dana ke masing-masing desa Kabupaten tersebut,” ujarnya pada Meeting Media  Butget Tall Kinerja Anggaran Triwulan I tahun 2018, Banda Aceh, Rabu (4/4/18).

Ia menjelaskan, ke lima Kabupaten yang belum terealisasi dana desa yakni  Pidie, Aceh Utara, Aceh Selatan, Aceh Tenggara dan Siumelue.  Selain lima kabupaten tersebut secara keseluruhan dana desa pada 23 Kabupaten/Kota telah terealisasi sebesar 20 persen.

“Lima kabupaten yang belum dapat pencairan  akan kita salurkan sepanjang persyaratan yang  memang disyaratkan untuk melakukan pencairan dana desa sudah dipenuhi oleh kabupaten/kota yang bersangkutan” kata Zaid

Realisasi penyaluran dana desa oleh KPPN di Aceh Triwulan I Tahun 2018

Dikatakanya, dana desa ini disalurkan setiap tahun, apabila syarat-syarat yang dipenuhi belum lengkap maka tidak ada kewenangan untuk menyalurkan, karena akan melanggar ketentuan yang sudah berlaku.

“terkait keterlambatan dana desa di setiap kabupaten/kota ini sebenarnya menyampaikan laporan-laporan  dari pemerintah kabupaten/kota yang menyampaikan ke pusat. Maka seandainya desa tidak menyampaikan laporannya pemerintah kabupaten/kota akan kesulitan menyampaikan ke pusat, ” pungkasnya.

Oleh karena itu, Zaid Burhan menghimbau lima Kabupaten yang belum mencairkan dana desa tahap pertama sebesar 20 persen tersebut agar segera melengkapi persyaratan yang telah ditentukan.

Penulis:Dedi
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...