Lukai Perasaan Muslim, PSI Aceh Kecam Puisi Sukmawati

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi Aceh, Yuli Zuardi Rais

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi Aceh, Yuli Zuardi Rais mengecam pembacaan puisi 'Ibu Indonesia' oleh Sukmawati Sukarnoputri.

Pasalnya, puisi tersebut dinilai telah menyinggung dan melukai perasaan umat muslim di Indonesia, khususnya Aceh.

"PSI Aceh mengecam keras tindakan ibu Sukmawati melalui puisi provokatif yang dibacanya pada acara Indonesian Fashion Week di Jakarta itu." ujar Yuli Zuardi di Banda Aceh, Selasa (3/4).

Karena itu, politisi PSI Aceh ini mendesak agar Sukmawati segera meminta maaf kepada seluruh umat muslim, karena dalam puisinya menyinggung tentang cadar, azan, dan bahkan syariat Islam.

"Melakukan permintaan maaf adalah hal yang mesti dilakukan oleh ibu Sukmawati karena puisinya yang menyinggung perasaan umat Islam berpotensi menimbulkan gejolak, terutama di Aceh," ucapnya.

Yuli mengatakan, pelaksanaan syariat Islam merupakan sebuah kewajiban dalam keseharian seluruh muslim di dunia tanpa boleh diusik-usik oleh siapapun. Apalagi, di Aceh khususnya, syariat Islam sudah menjadi bagian keseharian masyarakat.

Ia menilai Sukmawati terlalu memaksakan diri menerjemahkan sejarah dan budaya bangsa secara subjektif tanpa memikirkan dampaknya.

"Saya rasa, tidak boleh bila ada pihak yang mencampuradukkan antara pemahaman dirinya dengan ajaran Islam sesungguhnya, sekalipun ia seorang muslim," katanya.

Yuli menekankan agar tindakan seperti yang dilakukan Sukmawati melalui puisinya dapat dijadikan pelajaran penting bagi semua pihak untuk lebih bijak dalam kehidupan berbangsa di Negara ini.

Menurutnya, generasi muda Indonesia membutuhkan contoh dan keteladanan dari para tokoh bangsa ini, sehingga harapan kedamaian, keadilan dan kemakmuran bisa terwujud serta tidak rusak hanya karena tindakan ceroboh.

"Jangan sampai karena kedangkalan pemahaman yang kita miliki justru dapat merusak kedamaian di masyarakat. Karenanya sekali lagi, PSI Aceh mengecam keras tindakan Sukmawati," demikian Sekjend DPW PSI Aceh.

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...