Kanwil Bea Cukai Aceh Hibahkan 23 Ton Bawang Merah

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM – Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai  Aceh menghibahkan 23 ton atau sekitar 949 karung bawang merah layak konsumsi kepada  Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dan Kota Langsa. Penyerahan tersebut berlangsung di halaman kantor setempat, Selasa (3/4/18).

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Aceh Agus Yulianto mengatakan, sebanyak 600 karung akan dihibahkan kepada Pemerintah Aceh Tamiang dan 349 karung kepada Kota Langsa. Dengan total perkiraan nilai barang hibah sebesar 800 juta rupiah.

Ia menjelaskan, bawang merah ini merupakan muatan ex. Km Tuna I dengan barang bukti yang berhasil digagalkan oleh tim operasi patroli kapal Bea Cukai BC 20004 di Perairan Ujung Aceh Tamiang pada tanggal 14 Maret 2018 yang lalu. Atas upaya penyulundupan bawang merah ini perkiraan kerugian negara dari sektor perpajakan sebesar 200 juta rupiah.

"KM Tuna l yang berhasil digagalkan penyelundupannya ini selain memuat bawang merah juga memuat bibit pohon kurma, buah kelapa, ayam hidup, obat/vitamin unggas, teh, dan juga pupuk," ujarnya.

Dia menyebutkan, sesuai hasil penilaian Tim Stadiun Karantina Pertanian Banda Aceh bahwa bawang merah ini layak konsumsi sehingga dihibahkan ke Pemerintah Daerah Pemkab Aceh Tamiang dan Pemkot Langsa.

"Hibah bawang merah ini telah mendapatkan Surat Persetujuan dari Ketua Pengadilan Negeri Kuala Simpang Nomor 1/Pen.Pid/2018/PNKsp tanggal 26 Maret 2018”, terangnya.

Selain itu, kata Agus, barang bukti lain dengan pertimbangan tidak layak untuk dihibahkan/dilelang, akan dimusnahkan sore ini di Iapangan pemusnahan Stasiun Karantina Pertanian Kelas l Banda Aceh di Kuta Malaka, Aceh Besar.

"Hibah bawang kali ini merupakan hibah pertama kali di tahun 2018. Pada tahun sebelumnya, Kanwil Bea Cukali Aceh telah menghibahkan bawang sebanyak 60 ton di Juni 2017 dan 12 ton di Agustus 2017 ke beberapa pemerintah daerah di Provinsi Aceh yang membutuhkan" ungkapnya.

Kanwil Bea Cukai Aceh dalam kurun waktu 2018 ini telah berhasil menggagalkan dua upaya penyelundupan kapal berisi bawang merah yakni, muatan Ex. KM Tuna I sebanyak 23 ton dan Ex. KM Satrio I 25 ton yang saat ini sedang masuk tahap penyidikan.

Penulis:Dedi
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...