Pemulihan Trauma Hiling, Polres Abdya Saweu Sikula SMP Negeri 2 Blangpidie

Pemulihan Trauma Hiling, Polres Abdya Saweu Sikula SMP Negeri 2 Blangpidie

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Personel Sat Binmas Polres Abdya melaksanakan program Saweu Sikula berbentuk tatap muka dan bermain bersama para pelajar di SMP Negeri 2 Blangpidie dalam rangka upaya pemulihan trauma hiling, Rabu (31/1/2018) tadi.

Kapolres Abdya, AKBP Andy Hermawan melalui Wakapolres, Kompol Jatmiko yang turut langsung ke lokasi bersama Kasat Binmas, Iptu Mardiansyah bersama personel lainnya mengatakan, selain untuk para pelajar, sasaran kegiatan ini yakni pengawas sekolah, dewan guru serta perwakilan wali murid.

"Kegiatan yang kita lakukan yakni memberikan arahan, sosialisasi serta koordinasi tentang langkah kedepannya bagi siswa yang mengalami pelecehan seksual, serta berkoordinasi dengan dinaa terkait untuk turun bersama di sekolah lainnya sebagai upaya pencegahan," ujarnya saat dikonfirmasi.

Selain bertatap muka, pihaknya juga mengajak pelajar yang menjadi korban untuk bermain di lapangan sebagai langkah pemulihan psikis anak trauma, termasuk melatih beladiri (tangkisan dan pukulan) serta latihan mengaji.

Kemudian, juga dilakukan sesi tanya jawab seperti kuis dan diakhiri dengan sesi membagi-bagikan hadiah kepada para pelajar tersebut.

"Kita memberikan pemahaman kepada guru dan wali murid agar lebih peduli dan mengawasi anak-anak mereka baik di lingkungan sekolah, masyarakat atau di lingkungan lainnya," ungkap Jatmiko yang juga mantan Kabag Ops Polresta Banda Aceh ini.

Para wali murid dan guru berharap agar pelaku dihukum berat sesuai Undang-Undang yang berlaku. Mengingat, banyaknya korban dan menolak pelaku dihukum secara cambuk atau Qanun.

"Kita akan proses pelaku sesuai hukum yang berlaku.Kita juga upayakan peran kepolisian, dalam hal ini Bhabinkamtibmas, agar turun ke sekolah-sekolah untuk sosialisasi pencegahan pelecehan seksual," tambahnya.

Wakapolres menambahkan, pihaknya bersama Disdik Abdya juga akan melaksanakan kegiatan ini untuk seluruh pelajar di Abdya. Jika ada predator anak, sambungnya, agar secepatnya menghubungi atau memberitahukan aparat berwajib.

"Sosialiasasi tim terpadu yaitu melibatkan kepolisian, P2TP2A dan Disdik Abdya. Ini bukan hanya dilakukan di SMP Negeri 2 Blangpidie, tetap juga di seluruh sekolah baik Tk, SD, SMP dan SMA di Abdya nantinya," tambahnya lagi.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...