Tips Mendulang Uang Lewat YouTube

kompasYouTuber Logan Paul di YouTbe Space Tokyo

ACEHPORTAL.COM - Beberapa tahun terakhir, situs seperti YouTube menjadi sumber penghasilan yang sangat menjanjikan. Pada tahun ini saja, ada ribuan YouTuber baru yang bergabung di Youtube.

Jumlah ini pun akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Bahkan, banyak di antaranya yang menjadikan YouTuber sebagai profesi.

Uniknya, ada orang  kaya mendadak berkat kanal YouTube miliknya. Penghasilan yang diterima setiap bulan mencapai puluhan, bahkan ratusan juta rupiahTergiur dan ingin jadi YouTuber? Simak tipsnya di bawah ini.

  1. Konten Menarik Itu Perlu

Membuat konten menarik tidaklah mudah. Para YouTuber mengaku bagian ini menjadi bagian paling sulit mengingat adanya perbedaan selera setiap individu.

Ketika Anda berhasil membuat konten yang menarik, video tersebut akan otomatis menarik minat banyak orang. Dengan begitu, jumlah yang menonton semakin banyak setiap harinya.

Agar konten tersebut menarik, berusahalah untuk mengulas peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Ketika Anda sudah membuat konten, fokuslah pada satu konten dan kembangkan dalam berbagai rupa dan bentuk agar terlihat menarik.

  1. Jadilah Diri Sendiri

Tips menjadi YouTuber sukses adalah mampu menjadi diri sendiri. Anda tidak perlu menjadi orang lain untuk menarik perhatian orang banyak.

Namun, berusahalah untuk menjelaskan sesuatu dengan cara Anda sendiri. Lagi pula pihak YouTube sangat tegas jika terdapat kasus plagiarisme. Kalau Anda terbukti melakukan plagiat, siapa yang rugi?

  1. Jaga Kualitas Video Anda

Kualitas video yang dimaksud tidak hanya dari segi konten, tapi resolusi dari video tersebut. Coba bayangkan kalau konten video sudah bagus, tapi gambarnya pecah, pasti penonton akan berkomentar dan malas melanjutkan video tersebut.

Agar kualitas video bagus, gunakanlah kamera khusus untuk membuat vlog, gunakan pencahayaan yang bagus, dan aplikasi edit video yang bagus pula.

  1. Unggah Video secara Rutin

Banyak orang yang sudah berkecimpung di YouTube, tapi kurang fokus untuk mengembangkan channel miliknya. Kenapa? Mungkin karena sibuk, malas, dan bosan dengan hal yang berbau rekam-merekam.

Ketika Anda malas mengunggah video di YouTube, percayalah, satu per satu subscriber akan meninggalkan channel milik Anda dan beralih ke channel lain. Padahal, keberadaan subscriber ini sendiri sangat penting untuk meningkatkan popularitas di YouTube.

Agar ini tidak terjadi, sebaiknya unggah video secara rutin agar para subscriber merasa terhibur dengan konten yang Anda bagikan. Ingat, menyenangkan hati subscriber itu perlu ya!

  1. Hindari Kebanyakan Iklan

Selain bekerja sama dengan YouTube, para YouTuber juga bekerja sama dengan Google Adsense untuk menayangkan iklan. Tak dapat dimungkiri, Google AdSense juga menjadi sumber pendapatan terbesar para YouTuber.

Namun, menayangkan iklan terlalu banyak juga tidak disarankan. Bayangkan, kalau Anda sedang asyik-asyiknya nonton video terus iklan, pasti jengkel, bukan?

Belum lagi kalau iklannya tidak bisa diskip atau dilewatkan, durasinya lama pula, pasti Anda langsung beralih ke video lainnya. Boleh membuat iklan, tapi tempatkan pada waktu yang tepat. Jangan sampai terlalu banyak.

  1. Gunakan SEO

Sama halnya seperti blog, SEO juga sangat diperlukan di YouTube. Gunanya sama, yaitu untuk meningkatkan hasil pencarian sehingga video Anda berada di posisi paling atas halaman pertama mensin pencarian.

Optimasi SEO di YouTube jauh lebih mudah dibandingkan dengan blog pribadi. Anda hanya perlu menyesuaikan tag dengan judul dan deskripsi dari video tersebut. Pastikan tag yang dibuat relevan dengan isi dari videonya.

  1. Promosi Akun YouTube

Ada banyak media untuk berpromosi ria. Misalnya, Instagram, Twitter, Facebook, dan Tumblr. Manfaatkan sosial media tersebut untuk mempromosikan akun YouTube Anda.

Caranya sangat mudah yaitu dengan mengajak orang lain untuk subscribe di YouTube channel Anda. Jangan lupa sematkan link YouTube milikmu agar mudah ditemukan orang lain.

Kaya Mendadak Lewat YouTube Itu Sangat Mungkin

YouTube menjadi sumber penghasilan yang efisien, efektif, dan instan. Manfaatkan YouTube sebagai media untuk berbagi tips, pengalaman hidup, atau sekadar bercerita tentang kesibukan sehari-hari. Intinya, kenali dan manfaatkan potensi dalam diri Anda untuk menjadi YouTuber sukses.

Sumber:kompas.com
Rubrik:Ekonomi

Komentar

Loading...