Babinsa Bersama Masyarakat Terjun Langsung Bersihkan Tumpukan Sampah di Pintu Air

babinsa dan masyarakat bersihkan pintu air

ACEH BESAR, ACEHPORTAL.COM - Sebagai salah satu upaya yang dilakukan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam meningkatkan kesejahteraan para petani dan guna mensukseskan Swasembada Pangan di wilayah.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 08/Kuta Baro secara rutin dan berkesinambungan melakukan kunjungan ke desa binaan masing-masing dalam rangka memantau perkembangan tanaman padi dan juga saluran irigasi untuk mengairi persawahan di desanya.

Seperti dilakukan oleh Babinsa Desa Leupung Mesjid Koramil 08/Kuta Baro Serda Montazar yang sedang membantu membersihkan tumpukan sampah berupa kayu yang menutupi pintu irigasi, bertempat di Desa Leupung Mesjid, Kuta baro, Aceh besar, Minggu (28/01/18).

Tanpa ragu, Ia terjun langsung ke dalam aliran irigasi tersebut, untuk membantu membersihkan sampah-sampah yang berada di pintu air itu, walaupun masih menggunakan pakaian dinas lengkap.

Saat dikonfirmasi, Babinsa Desa Leupung Mesjid Serda Montazar menuturkan, bahwa ditengah-tengah meninjau perkembangan tanaman padi di lahan sawah di desa binaannya, Ia melihat terdapat tumpukan sampah yang menutupi di salah satu pintu air irigasi, sehingga megakibatkan aliran irigasi menjadi tersumbat.

“Waktu saya sedang tinjau lahan sawah, ditengah perjalanan saya melihat ada tumpukan sampah di pintu air itu, kemudian saya mengajak warga yang ada di sekitar untuk membersihkannya,” kata Serda Montazar.

Setelah sampah itu dibersihkan, lanjut Babinsa, Ia mengajak kepada warga nya itu, agar lebih peduli terhadap lingkungannya termasuk irigasi, karena saat ini tanaman padi sedang memasuki masa-masa pertumbuhan, sehingga kebutuhan air sangatlah penting bagi tanaman padi tersebut.

“Mari kita sama jaga kebersihan lingkungan kita, jangan buang sampah sembangan apalagi di aliran irigasi, karena saat ini tanaman padi sangat membutuhkan cukup air,” terangnya.

Penulis:redaksi
Rubrik:Kodam IM

Komentar

Loading...