Dapur Toko Pizza Milik Dosen di Darussalam Nyaris Terbakar

Cafe milik dosen nyaris terbakar

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Kebakaran terjadi di salah satu toko atau warung Pizza bernama Brani Pizza & Coffee Shop yang berada di Jalan T Nyak Arief, kawasan Gampong Lamgugop, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Sabtu (27/1/2018) pagi tadi, sekira pukul 04.10 WIB.

Tempat usaha kuliner tersebut milik salah seorang dosen Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala bernama Said Muhammad (68), yang merupakan warga Kopelma Darussalam, Banda Aceh. Kebakaran terjadi di bagian dapur toko tersebut.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, Ridwan melalui Operator Pusdatin, Yudi mengatakan, kebakaran awalnya diketahui oleh Said Jubran (30) yang merupakan pengelola toko tersebut.

"Saksi merupakan pengelola tempat usaha orang tuanya itu. Setiap pagi menjelang subuh, ia bersama para pekerja selalu mempersiapkan bahan masakan Pizza, termasuk merebus air," ujarnya saat dikonfirmasi.

Namun beberapa saat kemudian, Said melihat kobaran api yang keluar dari cerobong asap oven Pizza yang sangat mengkhawatirkan akan membakar ruangan dapur. Ia langsung memerintahkan salah satu pekerjanya melapor ke pos pemadam kebakaran terdekat, yakni di kawasan Simpang Mesra. Sementara, ia bersama sejumlah pekerja lain berupaya memadamkan api dengan alat seadanya.

"Setelah menerima informasi ini, petugas damkar Pos Pembantu Wilayah Simpang Mesra langsung bergerak ke lokasi dengan mengerahkan satu unit armada damkar. Dengan menghubungi pihak PLN untuk memadamkan listrik, pemadaman pun dilakukan," jelas Yudi.

Pemadaman api dilakukan dengan dibantu pihak TNI/Polri beserta rekaman RAPI setempat. Api akhirnya dapat dikendalikan setelah setengah jam kemudian.

"Tidak ada korban jiwa dan Alhamdulillah api dapat dikuasai dan tidak menyambar ke bagian ruang dapur lainnya. Api muncul dari cerobong oven untuk memasak Pizza," tambahnya.

*Bagian Dapur Ruko Terbakar Akibat Korsleting Kulkas

Sementara itu, kebakaran juga terjadi di bagian dapur sebuah rumah toko (ruko) yang berada di Jalan Tgk Gle Inem, Gampong Tungkop, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, Rabu (24/1/2018) kemarin. Ruko tersebut milik seorang PNS bernama Muchlis (48).

"Berawal dari saksi yang terbangun dari tidurnya dan hendak ke kamar mandi mencium bau terbakar dan ia melihat kulkas di dapurnya mengeluarkan asap dan api," kata Yudi yang juga petugas damkar di lapangan ini.

Mengetahui hal itu, Muchlis langsung membangunkan anggota keluarganya dan meminta pertolongan ke tetangga untuk memadamkan api yang terus membesar. Sementara warga lainnya langsung melaporkan kejadian ini ke pihak DPKP Kota Banda Aceh.

"Atas laporan ini tim mengerahkan satu unit damkar dari Pos Pembantu Wilayah Simpang Mesra ke lokasi yang kemudian api dapat dipadamkan sehingga tidak menjalar ke bagian lain. Kebakaran ini diduga karena korsleting yang terjadi pada kulkas," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Peristiwa

Komentar

Loading...