Polisi Amankan 2 Tersangka dan Puluhan Butir Telur Penyu di Singkil

telur penyu di kawasan Pulau Sikandang, Pulau Banyak/ist

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Kepolisian Resor (Polres) Aceh Singkil mengamankan puluhan butir telur penyu yang dibawa oleh dua orang nelayan di kawasan Pulau Sikandang, Pulau Banyak, Rabu (24/1/2018) sore kemarin, sekira pukul 18.00 WIB.

Menurut informasi yang dihimpun dari Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak melalui Direktur Reskrimsus, Kombes Pol Erwin Zadma, kedua nelayan tersebut yakni AM (40) dan SD (26) yang merupakan warga Aceh Singkil.

"Temuan itu berawal saat seorang selaku pelapor mendampingi anggota yayasan Save Aceh Nature dalam rangka pembersihan sampah plastik di Pulau Bangkaru, Pulau Banyak, Aceh Singkil, menggunakan boat," ujarnya Kamis (25/1/2018) malam.

Kemudian, dari dalam boat tersebut ditemukan telur penyu jenis penyu hijau yang dimasukkan ke dalam sebuah karung sebanyak 59 butir yang diletakkan di bawah tali jangkar.

"Barang bukti 59 butir telur penyu dan kedua tersangka sudah diamankan dan kini masih dalam penanganan lebih lanjut sesuai peraturan undang-undang yang berlaku, dimana setiap orang yang mengambil, merusak, memusnahkan, memperniagakan, menyimpan atau memiliki telur dan atau sarang satwa yang di lindungi akan diproses hukum," jelasnya.

Kapolres Aceh singkil, AKBP ian Rizkian melalui Kasat Reskrim, Iptu Agus Riwayanto Diputra mengatakan, keduanya mengaku telur tersebut untuk diambil dan di konsumsi saat ini kedua pelaku sedang diperiksa intensif.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...