Transit di Bandara SIM

Bantuan Untuk Rohingya Kembali Mengalir Dari Indonesia

pesawat hercules mendarat di Lanud SIM Aceh Besar (Hafiz Erzansyah) 

ACEH BESAR, ACEHPORTAL.COM - Satu unit pesawat Hercules berjualan bantuan kemanusian dari Pemerintah Indonesia untuk pengungsi Rohingya yang berada di Cox's Bazar perbatasan Bangladesh dengan Myanmar, akan berangkat dari Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Kamis (25/1) besok sekitar pukul 07.00 WIB.

Pesawat jenis Hercules A-1328 ini sebelumnya berangkat dari Lanud Halim Perdanakusuma, Rabu dan tiba di Lanud SIM Aceh Besar sekira pukul 13.30 WIB  tadi, untuk mengisi bahan bakar yang kemudian  akan kembali berangkat menuju Chitaggong.

Waasops Kasat, Marsma TNI Anang Nurhadi mengatakan, bantuan kemanusiaan untuk Rohingya ini merupakan kiriman lanjutan dari yang sebelumnya ke Banglades. Jumlah bantuan yang dikirimkan pemerintah Indonesia kali ini kurang lebih sebanyak 10 sampai 11 ton bantuan.

"Totalnya 9 pesawat, ada 8 Hercules sudah dibawa kesana, yang ini sekitar 10 atau 11 ton," ujarnya kepada wartawan saat ditemui usai mendarat.

Dijelaskannya, setelah mengantarkan bantuan mereka akan langsung kembali ke Indonesia. Nantinya penyerahan bantuan tersebut langsung diberikan secara resmi oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo pada 28 Januari 2018 mendatang.

"Besok akan kita berangkatkan ke sana dan pada tanggal 28 nanti diserahkan langsung oleh B Presiden," kata Anang.

Adapun bantuan yang bawa tersebut terdiri dari makanan bayi, makanan untuk ibu hamil, peralatan sekolah, selimut dan lainnya. Semua bantuan ini merupakan komitmen Pemerintah Indonesia untuk terus membantu saudara muslim Rohingya yang ada disana.

"Selama proses ini tidak terjadi kendala apapun, semua bantuan sampai kepada yang dituju," ungkap Anang Nurhadi.

Ia juga merincikan, bantuan untuk Rohingya ini seperti peralatan sekolah sebanyak 200 pak, paket permainan/rekreasi 200 pak, pelengkap makanan untuk bayi 2000 kotak, pelengkap makanan ibu hamil 2000 kotak dan masker 2000 buah.

"Selain itu, juga ada selimut sebanyak 2000 lembar, family kit 200 pak, pakaian anak 200 pak, pakaian 500 pak, lampu darurat 118 unit, metal rod 1380 set dan sarung 2000 buah," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Internasional

Komentar

Loading...