Ledakan Meteor Michigan Berkekuatan Setara 100 Ton TNT

Meteor di Michigan, Amerika Serikat. (Foto: Kevin McCombs/via Reuters)

AS -- Meteor jatuh pada Selasa malam (16/1) mengejutkan warga kota Detroit, Amerika Serikat. Selain cahaya yang terang benderang, jatuhnya meteor itu ditandai oleh suara ledakan yang dahsyat di udara.

Masyarakat mengaku melihat bola api di sepanjang langit Michigan dan beberapa negara bagian lainnya, seperti Illinois, Pennsylvania, Ohio, Indiana, dan Missouri. Bahkan meteor ini terlihat hingga ke Ontario, Kanada.

Menurut Bill Cooke, kepala Badan Meteorit di NASA, seperti dikutip Associated Press, ledakan meteorit di Michigan itu setara dengan kekuatan 100 ton TNT.

Michael Liemohn, profesor di Fakultas Iklim dan Ilmu Pengetahuan Antariksa di University of Michigan, mengatakan suara ledakan itu sejatinya bukan sebuah ledakan seperti bom atau semacamnya.

Menurut Liemohn, itu adalah ledakan suara atau sonic boom. Suara itu keluar ketika meteor melesat lebih dari 40 kali kecepatan suara. Seperti halnya ledakan suara ketika jet tempur melaju sangat kencang.

"Ini adalah ledakan di udara ketika bergerak, karena besarnya gelombang kejut," kata Liemohn.

Untuk ukuran meteor, meteor di Michigan terbilang lambat, yaitu 45 ribu km/jam. Sebagai perbandingan, meteor Leonid yang melintas setiap November di AS berkecepatan hingga lebih dari 257 ribu km/jam.

Namun justru karena kecepatannya yang lebih lambat, meteor itu bisa masuk ke bumi. Meteor ini juga terbilang kecil, berukuran kurang dari 2 meter, sehingga tidak terdeteksi radar NASA. (kumparan.com)

Komentar

Loading...