Dirjen Pemasyarakatan: Oknum LP Yang Terlibat Akan Ditindak Tegas

HafizPlt Dirjen Pemasyarakatan, Marzoeki yang sekaligus Kepala Badan BPSDM Kemenkumham RI mendatangi Lapas Banda Aceh pasca kerusuhan

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM -- Pasca Kerusuhan di LP Klas IIA Banda Aceh yang berada di Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Dirjen Pemasyarakatan langsung meninjau ke lokasi, Kamis (4/1/2018) malam.

Plt Dirjen Pemasyarakatan, Marzoeki yang sekaligus Kepala Badan BPSDM Kemenkumham RI mengatakan, situasi saat ini sudah dapat dikendalikan dan seluruh warga binaan sudah berada di dalam kamar tahanan masing-masing.

Saat ditanya penemuan narkoba di dalam LP ia mengatakan, hal tersebut akan diinvestigasi lanjut oleh pihak kepolisian. "Kita berharap itu dikembangkan terus oleh Kepolisian," ujarnya didampingi Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol T Saladin tadi malam.

Pihaknya juga akan melakukan investigasi internal sesuai kode etik dan aturan-aturan yang sudah ditetapkan. Jika ada petugas sipir yang terlibat, pihaknya akan menindak tegas hal itu

"Komitmen kita jelas, pimpinan, menteri, Dirjen sampai dengan tingkat kantor wilayah, bagi petugas kita yang terlibat melanggar aturan dan hukum akan kita tindak tegas," tegasnya.

Untuk mengantisipasi masuknya narkoba ke dalam LP, Marzoeki mengatakan, sesuai kebijakan Kemenkumham melangkah kepada penyiapan para bandar di LP khusus, seperti di LP Nusa Kambangan.

"Nanti semua bandar narkoba akan ditempatkan di LP khusus itu, dari semua daerah," katanya.

Polisi juga masih melakukan pengembangan untuk mencari tahu keterlibatan petugas sipir atas penemuan narkoba ini. Tidak hanya kepada napi, tetapi juga kepada internal LP yang dihuni ratusan warga binaan tersebut.

Terkait pengamanan yang dilakukan kepolisian hingga situasi benar-benar kondusif, Kapolresta mengatakan pihaknya sudah disiapkan pasukan dari Mapolda Aceh dan Brimob, termasuk pasukan dari Polresta Banda Aceh sendiri.

"Untuk diketahui oleh para warga binaan, hukum yang berlaku di luar tembok LP juga berlaku di dalam tembok, jadi mereka juga harus patuh terhadap aturan yang dibuat negara," tambah Saladin.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...