Polres Aceh Selatan Tangkap Seorang Tersangka Pungli di TPI Sawang Bau 

ilustrasi

Banda Aceh,acehportal.com - Polres Aceh Selatan menangkap seorang tersangka pungutan liar (pungli) di kawasan TPI Sawang Bau, Kecamatan Sawang, Aceh Selatan, Rabu (3/1/2017) sekira pukul 10.00 WIB.

Kapolres Aceh Selatan, AKBP Dedy Sadsono mengatakan, kasus ini dilaporkan oleh seorang anggota Polri bernama Deki Irwan (34), warga Asrama Polisi Polres Aceh Selatan beberapa waktu lalu.

"Pelaku berinisial IK (22), Nelayan yang merupakan warga setempat, dengan saksi bernama Yusnaidi (32), Sopir, warga Gampong Pasie Punang, Kecamatan Mereubo, Aceh Barat dan seorang anggota Polri lainnya bernama Rudiansyah (33), Warga Aspol Polres Aceh Selatan," ujarnya.

Atas penangkapan itu, diperoleh barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp 1,8 juta, sebuah buku catatan es batangan dan sebuah stempel pemuda gampong setempat.

"Penangkapan berat dari tim yang melakukan patroli yang mana saat tiba di lokasi, tim menemukan seorang pemuda sedang duduk di sebuah pos sambil menerima uang dari mobil pembawa es batangan yang masuk ke TPI Sawang Bau," ungkapnya.

Setelah didekati petugas, lanjutnya, diketahui bahwa pemuda tersebut tengah melakukan pungutan liar terhadap mobil pembawa es batangan dengan memungut dana sebesar Rp 1000 per batang.

"Pelaku mengaku hal ini dilakukan sejak dua bulan lalu atas perintah Keuchik gampong setempat yang berinisial TN. Uang hasil pungli ini kemudian disetorkan kepada Keuchik untuk kebutuhan pemuda dan masjid gampong tersebut," jelas AKBP Dedy Sadsono.

Selain itu, IK mengaku bahwa kegiatan ini sudah berlangsung sejak bulan Ramadhan tahun 2017 lalu, yang mana dirinya diberikan upah sebanyak 15 persen dari hasil keseluruhan pungutan yang dilakukan.

"Menurut keterangan sopir pembawa es batangan, bila pungutan tidak dibayar, maka es batangan yang dibawa tidak boleh diturunkan di TPI tersebut. Kasus ini masih dalam penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut," tambah Kapolres.

Penulis:hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...