Menipu Bermodus Penempatan PNS dan Modal Usaha, 2 Wanita Ditangkap

Foto: kedua tersangka diamankan polisi.

Banda Aceh,acehportal.com - Polisi menangkap dua wanita atas penipuan penempatan PNS dan modal usaha di kota Lhokseumawe, yakni PJ (27), Warga Gampong Cangguek, Kecamatan Tanah Pasir, Aceh Utara dan NI (36), Warga Gampong Lancang Garam, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, Senin (1/1/2018) kemarin.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Hendri Budiman melalui Kapolsek Banda Sakti, Iptu Arief Sukmo mengatakan, penangkapan dilakukan di rumah masing-masing yang berawal dari laporan masyarakat yang ditindaklanjuti.

Menurut keterangan Kapolsek, tersangka menipu bermodus menyamar sebagai PNS di jajaran Pemko Lhokseumawe. Tersangka menawarkan jasa dapat meluluskan provos al bantuan dana rakyat miskin dengan uang pengurusan sebesar Rp 3 juta hingga Rp 5 juta.

"Akan tetapi, hingga saat ini korban tidak menerima bantuan tersebut," ujarnya Kamis (4/1/2017).

Dijelaskannya, kasus kedua yakni mengiming-imingi korbannya dengan berjanji dapat memindahkan penempatan kepegawaian dari suatu daerah ke daerah lainnya atau dari Aceh ke provinsi lainnya.

"Sudah 7 orang korban penipuan ini dengan total kerugian Rp 79 juta. Satu tersangka PNS dan satunya lagi bukan, hanya mengaku sebagai PNS di Pemko Lhoksumawe.

Dari keduanya, polisi mengamankan barang bukti berupa sejumlah kwitansi pembayaran, sejumlah ATM, baju seragam PNS yang digunakan saat salah satu tersangka menyamar beserta sejumlah saksi yang sudah diperiksa.

"Keduanya dijerat dengan pasal 378 tentang penipuan dengan ancaman hukuman 4 Tahun penjara dan kasus ini masih dikembangkan, karena tidak menutup kemungkinan adanya tersangka lain," tambahnya.

Penulis:hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...