Young Voice Aceh: Masjid Raya Baiturrahman Tidak Ramah Disabilitas

Penyandang disabilitas mencoba naik tangga Masjid Raya Baiturrahman. (Foto: acehportal.com)

Banda Aceh, acehportal.com - Komunitas Young Voice Aceh menilai Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh hingga saat ini belum ramah terhadap penyandang disabilitas. Padahal advokasi terhadap akses tersebut sudah dilakukan 10 tahun lalu.

Komunitas yang mengadvokasi hak-hak disabilitas tersebut, mencoba akses sejumlah fasilitas di masjid termegah di Aceh itu, Jumat (24/11/2017). Hasil pengujian mereka tidak ditemukan yang bisa diakses bagi penyandang disabilitas, seperti tangga masuk ke dalam masjid, hingga tempat berwudhu.

Safrizal Riki Saputra, dari Young Voice Aceh mengaku, fasilitas yang ada di Masjid Raya Baiturrahman belum mendukung bagi penyandang disabilitas.

“Seperti yang kita lihat hanya bisa mengakses sampai di tangga masuk ke dalam masjidnya saja. Ini sama sekali tidak ramah disabilitas,” kata Safrizal kepada wartawan, usai mencoba  akses fasilitas masjid kebanggaan masyarakat Aceh itu.

Padahal mereka selaku warga negara bisa mendapatkan fasilitas yang sama dengan lainnya. “Kita juga harus bisa mengakses fasilitas tempat ibadah, seperti di Masjid Raya ini,” ujar Safrizal yang menggunakan kursi roda itu.

Safrizal sendiri hingga saat ini belum pernah menginjakkan kakinya ke dalam masjid yang dibangun pada masa Sultan Iskandar Muda itu. “Sedih, ini masjid kebanggaan Serambi Mekkah, kita selaku orang Aceh tidak pernah mengakses ke dalam sampai detik ini,” ujarnya.

Piihaknya sejak 2007 sudah melakukan advokasi menyakut dengan akses disabilitas di Masjid Raya Baiturrahman. Namun, belum juga ada implementasi dari pihak mana pun

Padahal kebutuhan fasilitas tersebut, juga dapat dimanfaatkan bagi ibu hamil, serta lanjut usia (lansia).

Penulis:Redaksi
Rubrik:Kota

Komentar

Loading...