74 Prajurit Tampilkan Terbaik pada Lomba Demostrasi BDM Yong Moodo

Banda Aceh, acehportal.com – 74 prajurit dari Kompi 3 Batalyon Kaveleri 11/MSC Kodam Iskandar Muda, (Kodam IM) mengikuti lomba demostrasi Bela Diri Militer (BDM) Yong Moodo tingkat kompi TNI AD piala Kasad CUP 2017. Lomba ini digelar di Aula Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Aceh Besar, Rabu (22/11/17) pagi.

Lomba demostrasi BDM Yong Moodo tersebut disaksikan langsung oleh Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Moch. Fahrudin S.sos, para Pa Ahli Pangdam, para Asisten, Kabalakdam, Dansat BS. Sedangkan prajurit, para atlet Kodam IM serta ratusan mahasiswa dari Akper Kesdam dan Pelajar menjadi Sporter pada pertandingan tersebut.

Perlombaan tersebut dihadiri oleh Tim Penilai dari Mabesad sebanyak enam orang yang diketuai oleh Mayor Inf Agus Wibowo yang memimpin jalannya lomba serta tim pengawas pertandingan dari Dinas Jasmani Angkatan Darat dan Staf Operasi Angakatan Darat.

Selama 24 menit 74 prajurit tersebut menampilkan demonstrasi Yong Hobob (pernapasan), Son Chigi (dasar pukulan), Tas Yongmoo, Bachagi (tehnik tendangan), Nokbob, Molly Nakbob (lompat harimau), Sonqisul (kuncian), Honsisul (bantingan), Qeofa (pemecahan) ringan/ berat, serta Fighter (perkelahian).

Selain itu, keseragaman pakaian dan kekompakan gerakan sesuai ketentuan maupun kerapihan serta semangat yang ditunjukan saat bertanding juga turut dinilai.

Pangdam IM mengatakan, lomba demonstrasi Beladiri Yong Moodo Piala Kasad Tahun 2017 ini diikuti oleh seluruh Kotama jajaran TNI AD, yakni 14 Kodam, 2 Divisi Kostrad dan Kopasus. Lomba demostrasi beladiri Yong Moodo tingkat Kompi TNI AD tersebut dilaksanakan dengan sistem pengundian secara acak terhadap Kompi-kompi satuan Tempur maupun satuan Banpur jajaran TNI AD.

Lomba demonstrasi Yong Moodo ini bertujuan untuk mendapatkan atlet-atlet terbaik, karena Yong Moodo sudah masuk dalam cabang olahraga beladiri yang diperlombakan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON).

Selain itu, sambung Pangdam, untuk mengukur pencapaian pembinaan olah raga bela diri Yong Moodo satuan jajaran TNI AD, sekaligus penjabaran kebijakan Kepala Staf TNI Angkatan Darat dalam pembinaan satuan, dimana prajurit TNI AD selain harus disiplin, jago perang, jago menembak, dan memiliki kesamaptaan jasmani yang prima, juga dituntut mahir dan menguasai beladiri Yong Moodo.

Bintang dua ini merasa terharu saat melihat penampilan 74 prajurit dengan penuh semangat dan totalitas.

“Saya merinding melihat penampilan mereka (74 prajurit) nyaris tidak ada kesalahan, Batalyon jajaran Kodam IM harus bisa mengikuti mereka,” ungkapnya.

Komentar

Loading...