Tiang Listrik yang Ditabrak Setya Novanto Masih Berfungsi Normal

Foto: Istimewa/detikcom

Jakarta, acehportal.com - Mobil Fortuner yang membawa Setya Novanto menabrak salah satu tiang listrik di Jalan Permata Berlian, Kawasan Permata Hijau, Jakarta selatan.

Akibat kejadian itu, Setya Novanto dirawat di RS Medika Permata Hijau. Kondisi Novanto luka parah dan kepalanya dikabarkan bengkak seperti bakpao. Sedangkan tiang listrik masih berdiri tegak.

Menurut Kepala Satuan Korparate Komunikasi PT PLN (Persero), I Made Suprateka, bila dilihat dari kondisi tiang listrik yang masih berdiri tegak, maka seharusnya tiang listrik masih berfungsi dengan normal.

"Kalau misalnya enggak terjadi pemutusan hubungan, ya enggak (rusak), tetap jalan," kata Made kepada detikFinance, Jakarta, Jumat (16/11/2017).

Terlebih, kata Made, tiang listrik tersebut tidak roboh dan mengalami pemutusan aliran listrik. Jadi, seharusnya tiang tersebut masih dapat berfungsi dengan baik.

"Karena tidak memutus hubungan Apalagi enggak tumbang, karena enggak memutus jaringan," jelasnya.

Dirijya juga mengatakan bahan baku tiang listrik terdiri dari beberapa macam, tergantung dari jenis fungsi tiang listrik itu sendiri.

"Bahannya kemungkinan ada dari aluminium, bekisting beton, lalu dari besi-besi. Kalau tiang listrik untuk jaringan tegangan rendah (JTR) itu biasanya dari besi pipa, biasanya itu untuk ke rumah-rumah. Kalau yang rendah itu biasanya pipa yang disambung, pipa kumparan. Kalau jaringan tegangan menengah (JTM) biasanya ada dua, pakai beton, atau aluminium yang tebal," jelasnya.

Komentar

Loading...