Sahidal Kastri Kepala BKKBN Aceh

Foto: Aceh Portal

Banda Aceh - Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah secara resmi melantik, Drs. Sahidal Kastri, M.Pd sebagai Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan Aceh di Gedung Serbaguna Setda Aceh pada Senin (30/10/2017).

Sahidal menggantikan Dr dr M Yani, M.Kes PKK, yang telah dilantik menjadi Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS-PK) BKKBN Pusat.

Wagub Nova berharap, dibawah kepemimpinan Sahidal, BKKBN Aceh mampu memberikan daya dorong bagi suksesnya program-program kependudukan di Aceh.

Khusus untuk Aceh, katanya, masalah kependudukan menghadirkan persoalan tersendiri, karena dari tahun ke tahun pertumbuhan penduduk Aceh cenderung meningkat.

Sebagai gambaran, sebut Nova, pada tahun 2005, jumlah penduduk Aceh hanya 4,1 juta jiwa, tapi di tahun 2010 meningkat menjadi 4,49 juta jiwa, atau bertambah sebesar 2,32 persen per tahun. Dan pada tahun 2016 jumlah penduduk Aceh sudah mencapai 5 juta jiwa. “Data ini menunjukkan bahwa persoalan kependudukan di Aceh membutuhkan perhatian semua pihak,”ujar Nova.

Menurut dia, Jika persoalan tersebut tidak dikendalikan dengan baik, akan berimbas kepada kualitas kesehatan masyarakat, kesediaan lapangan kerja, kebutuhan pangan, dan sebagainya.

Untuk itu,  Ia meminta agar Pemerintah Kabupaten/kota di seluruh Aceh untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan revitalisasi Program KB di daerah masing-masing. “Selama dua tahun terakhir, program KB yang dijalankan BKKBN mulai menuai hasil. Karena itu perlu terus ditingkatkan  agar upaya mengendalikan pertumbuhan penduduk berjalan sesuai harapan,”jelasnya.

“Saya sangat berharap BKKBN Aceh dapat berdiri di garis depan dalam menjalankan program kependudukan di daerah ini,” ujar Nova, kemarin.

Nova meminta agar Kepala BKKBN Aceh yang baru berserta jajarannya agar membangun kerjasama yang baik dengan berbagai stakeholder di Aceh untuk menyukseskan program-program yang dirancan BKKBN.

Penulis:Dedi saputra
Rubrik:Kota

Komentar

Loading...