Catalonia Deklarasi Kemerdekaan, Menlu: Indonesia Tidak Mengakui Pernyataan Sepihak

REUTERS

Acehportal.com - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menyatakan Indonesia tidak mengakui deklarasi kemerdekaan yang dilakukan oleh Catalonia. Menurutnya, Catalonia adalah bagian dari Spanyol.

"Indonesia tidak mengakui pernyataan sepihak kemerdekaan Catalonia. Catalonia adalah bagian integral Spanyol. Indonesia tidak akan mengakui kemerdekaan Catalonia," ujar Retno, seperti dilihat detikcom dari akun Twitter Kementerian Luar Negeri, Sabtu (28/10/2017).

Dilansir AFP, Catalonia mendeklarasikan kemerdekaan pada Jumat (27/10) waktu setempat. Hal itu menyusul hasil voting yang digelar parlemen regional.

Dari total 135 anggota parlemen regional Catalonia, sebanyak 70 suara mendukung deklarasi itu. Sebanyak 10 suara menolak deklarasi itu dan dua suara abstain. Anggota parlemen lainnya yang merupakan oposisi, memboikot voting itu.

Reaksi bermunculan dari dunia internasional, khususnya sekutu-sekutu Spanyol di Eropa. Uni Eropa yang rawan terkena dampak kemerdekaan Catalonia menegaskan dukungan untuk pemerintah pusat Spanyol.

"Saya harap pemerintah Spanyol mendukung kekuatan argumen, bukan adu kekuatan," kicau Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk, via Twitter.

Komentar

Loading...