Sistem Pengendalian dan Monitoring Wujudkan Pembangunan yang Efektif dan Efisien

Foto: Aceh Portal

Banda Aceh – Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh, Kamaruddin Andalah mengatakan, untuk mewujudkan pembangunan yang efektif dan efisien diperlukan sistem pengendalian serta monitoring yang dinamis sehingga pembangunan akan selaras dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakat.

“Optimalisasi perencanaan dan pengendalian pembangunan harus kita tingkatkan sesuai perkembangan dan kebutuhan lapangan,” kata Kamaruddin saat membuka rapat Pengendalian Pelaksanaan Administrasi Pembangunan Aceh di Banda Aceh, Rabu (25/10/2017).

Pengendalian pembangunan, kata Kamaruddin, bertujuan untuk menjamin terjalinnya sinkronisasi dan sinergi perumusan strategi, perencanaan strategis, penyusunan program, penyusunan anggaran, kinerja dan pemantauan pembangunan.

Selain itu juga untuk menunjang salah satu misi Pemerintah Aceh, yaitu mewujudkan revitalisasi fungsi perencanaan daerah dengan prinsip evidence based planning secara efektif, efisien dan berkelanjutan serta memperjuangkan dan mempertahankan kepentingan rakyat.

Untuk mendukung tercapainya tujuan tersebut, dibutuhkan regulasi yang mendorong adanya system administrasi sebagai pedoman pelaksanaan pengendalian pembangunan.

“Kita pantas bersyukur, sebab saat ini kita telah memiliki Rancangan Peraturan Gubernur Aceh yang mencakup pedoman pengendalian administrasi pembangunan itu,” ujarnya.

Kamaruddin juga menyampaikan, Pemerintah Aceh telah melakukan langkah-langkah efesiensi dan efektitas pembangunan baik perencanaan, penganggaran maupun monitoring  melalui program Sistem Informasi Aceh Terpadu.

“Saat ini kita telah melakukan perencanaan melalui e-planning, kemudian juga sedang dikembangkan konektifitas antara e-planning dan e-budgeting,  e-perencanaan dan e-pengganggran serta pengembanan e-pelaporan,”ungkapnya.

Kamaruddin berharap, Pemerintah Kabupaten/Kota dan provinsi terus membangun komunikasi yang efektif supaya usulan-usulan dan kebutuhan masyarakat di tingkat Kabupaten/Kota tidak tumpang tindih dalam perencanaan.

Penulis:Teuku Dedi
Rubrik:Nasional

Komentar

Loading...