Pemkab Aceh Utara Dinilai Kurang Perhatian Kepada Petani

Acehportal.comIrigasi

Aceh Utara - Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, menilai Pemkab Aceh Utara melalui Dinas Pekerjaan Umun Pengairan mengabaikan permohonan satu unit pintu saluran irigasi yang telah diajukan oleh masyarakat tani yang ada di Kecamatan Tanah Jambo Aye.

“Dinas pengairan tersebut tidak mau melihat fakta dan kondisi di lapangan, serta kebutuhan para petani, akibatnya para petani terancam gagal panen,”kata Ketua IPSM Kecamatan Tanah Jambo Aye, Akmal Daud, kepada wartawan, Rabu (18/10/2107).

Padahal, menurut dia, pintu pembagian air saluran irigasi yang ada di Desa Biara Timur, Kecamatan Tanah Jambo Aye, sudah lama rusak dan luput dari perhatian.

“Sudah bertahun-tahun masyarakat petani selalu bermasalah saat turun ke sawah, karena para petani di Desa kami sangat membutuhkan satu unit pintu air/saluran irigasi. Pintu air yang selama ini di mamfatkan masyarakat setempat terbuat dari papan, itu pun dana swadaya dari masyarakat dari tahun 1995,”katanya.

Ia menyatakan, padahal anggaran untuk pembelian pintu air itu sudah dititipkan di Dinas PU Pengairan oleh Ketua DPRK Aceh Utara Ismail A Jalil, melalui dana aspirasi.

Namun, katanya, dinas tersebut terkesan mengabaikan permohonan masyarakat tani di gampongnya, hingga saat ini Dinas PU belum pernah menurunkan timnya kelapangan di Gampong Biara Timur, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara.

Sementara itu, Kepala Ranting Dinas Pengairan Irigasi, Langkahan, Khairil menjelaskan, untuk membuka pintu air baru, bisa merusak sistem yang sudah dibuat oleh dinas pengairan. Karena disetiap luasnya areal sudah ada masing-masing pintu air.

“Pintu yang ada didesa tersebut diduga pintu air siluman, oleh karenanya belum bisa diganti, atau diperbaiki, dan lebih jelasnya tanya langsung ke Kadis PU Pengairan,”papar Khairil.

Ketua DPRK Aceh Utara, Ismail Ajalil membenarkan bahwa sudah mengalokasi anggaran dari dana aspirasinya kepada Dinas terkait.

Penulis:Istanjoeng
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...