Alumni Lemhanas Provinsi Aceh akan Dibentuk

Ketua IKAL RI Aceh, Prof. Dr. Syahrizal Abbas, MA (Direktur Paska Sarjana UIN Arranirry) saat menggelar rapat panitia di ruangan Direktur Paska Sarjana UIN Arranirry Jl. Syeikh Abdul Rauf Kopelma Darussalam Banda Aceh, Sabtu sore (14/10/17).

Banda Aceh, acehportal.com - Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) Propinsi Aceh akan segera dibentuk pada bulan November 2017 nanti. Hal ini disampaikan oleh Prof. Syahrizal Abbas MA dalam kapasitasnya sebagai Ketua Komisariat IKAL Aceh periode 2017-2022 di Banda Aceh, Minggu (15/10).

Rencananya pengukuhan  akan didahului oleh seminar kebangsaan yang akan menghadirkan Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo dan Ketua Umum IKAL Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar sebagai keynote speaker yang akan berlangsung bulan depan di Banda Aceh.

Terbentuknya IKAL sebagaimana yang telah diatur dalam Perpres Nomor 98 Tahun 2016 tentang Lemhannas, bahwa Lemhannas RI mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan pendidikan penyiapan kader dan pemantapan pimpinan tingkat nasional yang berpikir komprehensif, integral, holistik, integratif dan profesional, memiliki watak, moral dan etika kebangsaan, negarawan, berwawasan Nusantara serta mempunyai cakrawala pandang yang universal. Oleh karenanya Lembaga ini memiliki fungsi dan peran strategis dalam sistem ketatanegaraan di Republik Indonesia.

Sehubungan dengan perannya yang sangat vital di tingkat nasional, maka IKAL Propinsi Aceh akan menjadi suatu wadah tempat berkumpulnya mereka yang pernah mengenyam pendidikan di Lemhannas baik program KRA, KSA yang kemudian saat ini dikenal sebagai PPRA dan PPSA serta program-program lain seperti Taplai (Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan) dan PPPDA.

“Entar kalau terbentuk IKAL yang menjadi program ungulan meningkatkan kapasitas kesadaran kebangsaan bagi kita semua, Kedua tentunya sebagai organisasi Alumni, Kita akan mendukung kegiatan pembagunan pemerintahan, baik fisik atau lainnya,” sebut  Syahrizal Abbas.

Nantinya sambungya kalau ada kegiatan keagamaan dan seminar yang ada di Aceh, namun yang intinya ujung tobak meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kebangsaan.

“Jadi kita lebih bergerak  kepada pemahaman dan pengetahuan tentang kebangsaan,”sebutnya.

Selanjutnya dia menyebutkan dalam melakukan kegiatan nantinya lebih pada sosialisasi yang akan mereka lakukan ke sejumlah tempat, baik tempat pendidikan maupun organasasi yang ada di Aceh.

“Bisa juga kita tampil di media, baik cetak online serta televisi kita akan sering lakukan diskusi dan sharing pada masyarakat,” sebutnya.

Lebih jauh didikatakannya, kalau IKAL ini terbentuk dan mereka juga akan menciptakan kader pemimpin daerah  hingga nasional.

“Kader pemimpin nasional tidak hanya di pusat, maka dengan ada sebuah wadah maka kita akan terus berikan pembinaan dan lakukan langkah demi membangun bangsa ini kedepan,”ujarnya.

Dia berharap, moga organisasi ini  dicintai masyarakat dan mampu mekontribusi dalam membangun bangsa sesuai dengan tujuan yang mereka harapkan.

Sementara Mayor Inf Bayu selaku ketua panitia serta juga pengurus dalam IKAL, mengatakan  Jika dilihat dari struktur kepengurusannya, IKAL Aceh memang akan menjadi suatu lembaga mitra pemerintah daerah yang sangat potensial dan prestigius mengingat dalam susunan kepengurusannya diisi oleh orang-orang yang berkompeten dan berkualitas. Hal tersebut dapat dilihat dari susunan Dewan Kehormatannya, IKAL Aceh menempatkan Gubernur dan Forkopimda lainnya seperti Pangdam, Kapolda, Kajati dan Ketua DPRA.

“Kami sangat berharap  nantinya dapat menghimpun para alumni Lemhannas yang berdomisili di Aceh untuk segera mendaftarkan diri ke sekretariat sementara di Media Center Kodam Iskandar Muda Neusu Banda Aceh, atau menghubungi di alamat email ikalaceh2017@gmail.com atau di nomor telpon sekretaris di 085362287136.” Ujar Mayor Inf Bayu menambahkan.

Dalam organisasi ini, disebutkannya Dewan Penasehat terdapat nama-nama tokoh besar asal Aceh diantaranya Dr. Ir. Musrafa Abubakar M. Si;  Mayjen TNI Haffil Fuddin SH. S.IP. MH;  Prof. Dr. Irwan Abdullah;  Irjen Pol. H.S Maltha;  Prof. Dr. Rusdy Ali Muhammad SH; Prof. Dr. Apridar M.Si; Subhandy, AP M.Si;  Prof. Dr. Yusni Sabi dan Firmandez SE.

Sementara itu dijajaran kepengurusan inti  diketuai oleh Prof. Dr. Syahrizal Abbas, MA yang saat ini menjabat sebagai Direktur Paska Sarjana UIN Arranirry. Pada posisi wakil ketua ada Dr. Rusli Yusuf M.Pd dan Ir. Modh. Tanwir MM. Pada posisi sekretaris dijabat oleh Mayor Inf. Bayu Maulana Suntara dan Yusri Kasim SE. Pada posisi Bendahara dijabat oleh Dzikrullah Ibna dan Muhammad Afwi SE.

Adapun pada ketua-ketua bidang sebanyak 8 bidang diawaki oleh para alumni Lemnhannas RI yang hampir seluruhnya saat ini aktif sebagai tenaga pengajar profesional seperti Dra Naimah Hasan, Sabirin S. Sos, Wiratmadinata SH MA, Dr. Mujiburahman, Kurniawan S. SH LLM dan Ir. Yusmaizal. Selain itu ada dari kalangan birokrat Farhan Fajar SSTP MPA dan kalangan pengusaha yaitu Nazarudin Yusuf.

Komentar

Loading...