Mantan Tokoh GAM Rapat Bahas Pencabutan Pasal UUPA

acehportalWalupun dalam kondisi sakit Zakaria Saman alias Apa Karya hadiri rapat bahas pencabutan pasal oleh Pemerintah Pusat

Banda Aceh, acehportal.com - Mantan tokoh Gerakan Aceh Meredeka (GAM) yang kini menjabat sebagai Wali Nanggroe Malik Mahmud dan Zakaria Saman yang akrab disapa Apa Karya, serta Kamaruddin Abubakar alias Abu Razak mengadakan rapat dengan Ketua DPRA Tgk Muharuddin.

Rapat berlangsung di ruang kerja Ketua DPRA pada Selasa (17/10). turut dihadiri tim kuasa hukum DPRA yang mengajukan judicial review Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017. Selain tokoh GAM, perwakilan Fraksi di DPRA juga tampak hadir dalam pertemuan itu, dan sejumlah anggota DPRA dari Partai Aceh.

Usai pertemuan itu, Malik Mahmud didampingi Zakaria Saman serta Ketua DPRA memberikan keterangan kepada wartawan terkait hasil pertemuan itu.

Malik Mahmud menyatakan, saat ini Aceh sedang menghadapi masalah besar, Undang Undang Pemerintah Aceh yang lahir setelah MOU Helsinki, kini dipotong sedikit demi sedikit oleh Pemerintah Pusat.

"Kita dikhianati, jangan sampai orang Aceh memikirkan untuk merdeka lagi," tegas Malik Mahmud.

Malik Mahmud meminta Pemerintah Pusat harus menghormati kekhususan Aceh jangan seenaknya mengutak atik UUPA.

Sementara Zakaria Saman yang kondisinya sedang sakit berupaya hadir dalam rapat itu, Zakaria Saman terlihat menggunakan kursi roda masuk ke ruangan Ketua DPRA.

Zakaria Saman yang akrab disapa Apa Karya mengaku sedang sakit asam uratnya kambuh. "Namun demi mempertahankan UUPA saya tetap berjuang, karena UUPA sangat penting untuk generasi Aceh ke depan," terangnya.

Menurutnya, jika UUPA dipotong sedikit demi sedikit maka lama kelamaan akan habis, "kami berjuang ini bukan untuk kepentingan saya, maupun Malik Mahmud dan kelompok tapi untuk kepentingan raykat Aceh," tegasnya.

Komentar

Loading...