DPRA Gelar RDPU Raqan Lembaga Keuangan Syariah Dengan Para Bankir

RDPU

Banda Aceh, acehportal.com – Kehadiran lembaga keuangan dirasakan sangat penting dalam membiayai permodalan dalam suatu bidang usaha. Kegiatan sektor keuangan hampir seluruhnya bersifat jasa (keuangan), baik jasa perbankan maupun jasa non-perbankan sehingga perlu dibentuknya aturan khusus di Aceh tentang  pengelolaan Lembaga Keuangan Syariah.

Merujuk dari perkembangan dan kemajuan pada sektor keuangan, baik perbankan maupun non-perbankan menuntut adanya perbaikan yang terus-menerus, baik dari aspek kelembagaan organisasi, regulasi (kebijakan), maupun sumber daya manusia (sdm).

Oleh karenanya DPRA menggodok aturan yang dituang ke dalam rancangan qanun (Raqan) tentang Lembaga Keuangan Syariah di Aceh, yang saat ini sudah sampai ke tahap Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU).

Wakil Ketua DPRA Sulaiman Abda yang memimpin RDPU tersebut mengungkapkan, rdpu ini bertujuan untuk memenuhi ketentuan pasal 96 ayat (2) undang-undang nomor 12 tahun 2011 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan dan juga pasal 22 qanun aceh nomor 5 tahun 2011 tentang tatacara pembentukan qanun, yang antara lain menyatakan “masyarakat berhak memberikan masukan secara lisan dan/atau tertulis dapat dilakukan melalui rapat dengar pendapat umum (rdpu), sosialisasi, seminar, lokakarya dan/atau diskusi”.

Dapat kami sampaikan bahwa, sebelumnya rancangan qanun Aceh ini telah dilakukan RDPU untuk pertama kali yang dilaksanakan di Jakarta. Pada RDPU tersebut pansus LKS yang membahas rancangan qanun Aceh tentang Lembaga Keuangan Syariah turut mengundang para pelaku perbankan, asuransi yang ada di Indonesia.

Dan hari ini adalah Rdpu kedua yang kami lakukan. Kenapa Rdpu ini dilakukan sebanyak dua kali, mengingat rancangan qanun ini merupakan salah satu instrumen penting dalam pelaksanaan ekonomi Syari’ah Di Aceh, dan Rdpu ini tentunya akan menambah referensi demi kesempurnaan dalam pengkajian rancangan qanun ini nanti.

DPRA mengharapkan, rapat dengar pendapat umum (rdpu) ini, untuk dapat berpartisipasi penuh untuk memberi masukan secara komprehentif demi kesempurnaan substansi rancangan qanun ini.

Semoga rapat dengar pendapat umum (rdpu) terkait dengan rancangan qanun Aceh tentang lembaga keuangan syariah ini mendapat masukan dan perbaikan dari peserta rdpu ini sehingga nantinya dalam pelaksanaan dapat mendukung penguatan pelaksanaan Syariat Islam Di Aceh.

Penulis:gun
Rubrik:DPRA

Komentar

Loading...