Salip Marquez di Tikungan Terakhir, Dovizioso Juara MotoGP Jepang

liputan6Rider MotoGP Andrea Dovizioso (AFP / TOSHIFUMI KITAMURA / AFP)

Motegi - Andrea Dovizioso memanaskan kembali persaingan merebut gelar juara dunia MotoGP 2017. Pembalap Ducati ini memenangi balapan MotoGP Jepang di sirkuit Motegi, Minggu (15/2017) usai terlibat duel sengit dengan Marc Marquez.

Dovizioso sebetulnya mengawali balapan MotoGP Jepang dengan kurang mengesankan. Dovi tak sanggup menyodok ke urutan depan hingga memasuki lap ke-8.

Situasi berbeda dijalani Marquez. Start dari posisi ketiga, Marquez sempat menempati posisi pertama di awal-awal balapan.

Danilo Petrucci dari tim Octo Pramac justru jadi pembalap yang mencolok di awal balapan. Bagaimana tidak, Petrucci sukses menyalip Marquez dan Lorenzo untuk mengklaim posisi pertama.

Di sisi lain, naas harus dialami pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi. Ia harus mengakhiri balapan lebih cepat karena terjatuh di tikungan ke-8 saat balapan baru berlangsung lima lap.

Posisi Petrucci relatif aman hingga balapan memasuki lap ke-8. Perubahan justru terjadi di posisi ketiga. Jorge Lorenzo melorot ke posisi sembilan dan digantikan Andrea Dovizioso.

Marquez kemudian mengambil alih posisi Petrucci di pertengahan balapan. Petrucci sendiri kemudian harus rela disalip Dovizioso yang sejak tadi mengintai dari posisi ketiga.

Duel Marquez Vs Dovizioso

Pertarungan selanjutnya berpusat pada Marquez dan Dovizioso. Pada lap ke-19, Dovizioso terlibat pertarungan sengit dengan Marquez sebelum mengambil alih posisi pertama.

Duel kedua pembalap mencapai puncaknya di lap terakhir. Marquez yang berhasil mengambil alih posisi Dovi membuat kesalahan jelang akhir garis finis.

Kesalahan ini tak disia-siakan Dovizioso. Pembalap Ducati ini memacu motornya hingga kecepatan maksimal dan menyalip Marquez.

Keputusan Marquez untuk menikung dengan kecepatan tinggi di tikungan terakhir menjadi bumerang buatnya. Ia memang berhasil menyalip Dovizioso, namun hal itu membuat posisinya melebar.

Dovizioso pun kembali ke posisi pertama dan memenangkan balapan. Marquez harus puas di tempat kedua, sementara Petrucci di tempat ketiga.

Kemenangan Dovizioso memanaskan kembali persaingan merebut gelar juara dunia. Dovi saat ini hanya tertinggal 11 poin dari Marquez yang memimpin klasemen dengan 244 poin.

Komentar

Loading...