Peran Penting Generasi Muda dalam Menjaga Keutuhan dan Persatuan Negara

Banda Aceh, acehportal.com – Generasi muda sangat berperan penting dalam menjaga keutuhan dan persatuan negara, dengan ikut serta menjaga kedaulatan negara dari gangguan keamanan dan pertahanan wilayah.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Urusan Bakti (Kaur) TNI Kapten Inf Nanang Junaedi dalam materi yang berjudul “Sitem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta” (Sishankamrata) kepada 21 orang peserta Pra Pendidikan Dasar (Diksar) Resimen Mahasiswa (Menwa), bertempat di Kantor Menwa 101 Wirabakti Unsyiah Dusun Sektor Timor Kopelma Darussalam Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh, Jum’at (13/10/17).

Dalam materi yang diberikan, pada intinya menjelaskan tentang Sishankamrata ialah suatu sistem pertahanan negara, dimana dalam system ini, melibatkan seluruh warga, wilayah dan sumber daya nasional lainnya, yang di gelar secara, total, terarah, terpadu dan berkelanjutan untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman.

“Sistem ini juga digunakan oleh negara kita, guna mempertahankan dan memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai ancaman yang dapat mengacaukan keamanan,” terang Kaur Bakti TNI.

Ia juga mengungkapkan, berbagai unsur yang ikut terlibat dalam Sishankamrata tersebut diantaranya terdiri dari unsur TNI, Polri, Komponen khusus dan Komponen pendukung lainnya.

“Dalam hal ini, TNI merupakan Komponen inti yang berfungsi sebagai subyek kekuatan pertahanan negara khususnya NKRI,” ucapnya.

Diakhir materinya, Kaur Bakti TNI mengajak, kepada para peserta Pradiksar Menwa Unsyiah, dapat menyimak dan memahami seluruh materi ini, sehingga apa yang telah diterima, dapat diterapkan dalam pergaulan sehari hari, baik disekolah, keluarga dan masyarakat di sekitar lingkungannya.

“Saya harap, para peserta Pradiksar dapat menerapkan ilmu ini dalam pergaulan sehari hari,” pungkasnya.

Komentar

Loading...