Iskandar Al-Farlaky: Partai Aceh Dukung Kemajuan Industri di Aceh

Foto: Tempo

Banda Aceh, acehportal.com – Fraksi Partai Aceh memberikan apresiasi dan dukungan atas langkah – langkah yang ditempuh oleh Pemerintah Aceh dalam rangka menggerakkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun di kawasan Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe.

"Langkah ini tentunya kita harapkan mampu mendongkrak Pendapatan Asli Aceh (PAA) serta memperluas lapangan kerja bagi masyarakat Aceh." ujar Iskandar Al-Faraky.

Disamping itu, kami juga menaruh harapan kepada Pemerintah Aceh guna mengembangkan industri kecil dan menengah yang berbasis kompetensi masyarakat. Seperti halnya pengembangan industri rotan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa keberadaan bahan baku rotan di Aceh sangat berlimpah. Akan tetapi, karena tidak didukung pembinaan dan daya pasar, hasil industri rotan yang berbasis kopetensi masyarakat tersebut jalan ditempat.

Selama ini bahan baku rotan Aceh dipasarkan ke Provinsi Sumatera Utara, namun apabila bahan baku rotan yang ada di Aceh diolah menjadi furniture atau barang siap jadi, maka akan mampu mendongkrak Pendapatan Asli Aceh.

Begitupun seperti komoditi Aceh lainnya seperti pengembangan sagu, ubi racun, getah pinus (terpentin), CPO dan lain sebagainya. Agar industri pengolahannya segera dibangun di Aceh.

Fraksi Partai Aceh juga mengharapkan kepada Pemerintah Aceh dapat memberdayakan pelabuhan Malahayati, Krueng Geukueh, Kota Langsa, dan pelabuhan lainnya sebagai pintu masuk ekspor impor berbagai jenis komoditi hasil alam dan barang dari Aceh dan sebaliknya.

Menurut Iskandar Al-Faraky, diperkirakan PAA yang diperoleh berkisar 1 Triliun lebih pertahunnya. Ini juga menjadi peluang baru di sektor lapangan kerja baik bagi sarjana maupun pemuda Aceh.

Rubrik:DPRA

Komentar

Loading...