Alhamdulillah, Jamaah Haji Aceh Kloter Terakhir Tiba Semalam

foto:republika

Banda Aceh, acehportal.com - Jamaah haji Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 11 telah tiba di tanah air dan mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Kamis (5/10) malam, pukul 21.35 Wib.

Jamaah haji kloter terakhir yang berasal dari Aceh Timur, Aceh Tamiang, Gayo Lues dan Langsa diberangkatkan dengan Pesawat Garuda Indonesia Boeing 300-777 ER dengan nomor penerbangan GA 2211 dari Bandara Amir Muhammad Abdul Azis (AMAA) Madinah, pukul 09.45 Waktu Arab Saudi (WAS).

Total jamaah terdiri dari 159 jamaah pria dan 159 jamaah wanita, kondisi resiko tinggi (Risti) 252 jamaah, dan non risti 138 jamaah serta lansia 132 jamaah.

Selama 10 hari di Madinah jamaah ini menginap di Hotel Mubarak Al Masie, sektor 2.

Koordinator Keprotokolan dan Humas PPPIH Embarkasi Aceh, H Rusli Lc MSi mengatakan bahwa jamaah kloter ini diberangkatkan ke tanah suci dengan jumlah 393  jamaah pada 26 Agustus lalu.

"Jamaah haji kloter 11 ini semula berangkat ke tanah suci dengan jumlah 393 jamaah, dan yang kembali hari ini berjumlah 390 jamaah, dan ada 3 jamaah yan wafat di Arab Saudi," ujar Rusli.

Tidak ada jamaah yang tanazul (mutasi) masuk atau keluar pada kloter ini, dan kondisi jamaah dalam kondisi normal dan stabil, jelas Rusli.

Jamaah haji yang wafat pertama bernama Ainul Mardhiah Muhammad Jafar, asal Dusun Pulo Ibouh Lhok Dalam Kec. Peureulak, Aceh Timur, wafat tanggal 5 September 2017.

Kedua, Rusli Ahmad Usman, Dusun Teupin, Seuneubok Pidie, Kec. Peureulak, Kab. Aceh Timur, wafat 14 September 2017.

Ketiga, Muhammad Usman Husen asal Dusun Matang Gleum, Kec.  Peureulak Kab Aceh Timur, wafat 19 September 2017.

Almarhum dan almarhummah ini, ketiganya dimakamkan di Sharayya, Mekkah.

"Selama jamaah haji Aceh menunaikan ibadah haji, tercatat 23 jamaah yang wafat di Arab Saudi," sebutnya.

Dengan tibanya kloter 11 sebagai kloter terakhir Jamaah haji Aceh Debarkasi Aceh tahun 1438 M/ 2017 H, maka berakhirlah pemulangan jamaah haji Aceh musim haji tahun ini.

Sedangkan jamaah haji kloter 12 Debarkasi Aceh telah mendarat di Bandara SIM, Sabtu (30/9) lalu pukul 15.38 Wib. Kloter ini tergabung bersama Kloter 22 Debarkasi Medan (MES-22).

"Syukur Alhamdulillah semua proses perjalanan jamaah haji Aceh mulai dari pemberangkatan hingga pemulangan berjalan dengan sempurna, semoga semua jamaah dari kloter 1 sampai kloter 12 mendapat haji yang mabrur," tutup Rusli.

Sumber:Kemenag Aceh
Rubrik:News

Komentar

Loading...