Pemko Lhokseumawe Adopsi Aplikasi E-Musrenbang dan I-Ren

Penandatanganan MoU kerjasama antara Pemko Banda Aceh dengan Lhokseumawe (13)

Banda Aceh - Pemerintah Kota Lhokseumawe mengadopsi aplikasi E-Musrenbang dan I-Ren milik Pemerintah Kota Banda Aceh. Perjanjian kerjasama (MoU) terkait kerjasama replikasi aplikasi ini ditandangani oleh Walikota Banda Aceh H Aminullah Usman dan Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya, Rabu (4/10/2017) diruang rapat Walikota Banda Aceh.

Turut hadir menyaksikan penandatanganan MoU ini, Sekdakota Banda Aceh Ir Bahagia DiplSE Kepala Bappeda Kota Banda Aceh Ir Gusmeri dan sejumlah Kepala Dinas jajaran Pemko Banda Aceh. Sementara dari Pemko Lhokseumawe hadir Sekdakota Lhokseumawe Bukhari, Kepala Bappeda Mulyanto dan sejumlah pejabat dari SKPK Pemko Lhokseumawe lainnya.

Walikota Lhokseumawe, Suaidi Yahya saat menyampaikan sambutannya mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada Walikota Banda Aceh dan jajarannya yang telah berkenan melakukan kerjasama replikasi E-Musrenbang atau yang sering disebut E-Planning untuk diterapkan di lingkungan Pemko Lhokseumawe.

“Penandatangan MoU ini salah-satu wujud dan ikhtiar kami dalam memperkuat komitmen bersama untuk mewujudkan system perencanaan pembangunan daerah yang efektif, partisipatif, transparan dan akuntabel,” ujar Suaidi Yahya.

Dikatakannya, aplikasi ini nantinya diharapkan dapat dipergunanakan dalam tahapan perencanaan di Kota Lhokseumawe yang dimulai dari Musrenbang Gampong, Musrenbang Kecamatan, pokok pikiran hasil reses DPRK sampai dengan penyusunan rancangan rencana kerja SKPD yang akhirnya menjadi RKPD dan Kebijakan Umum Anggaran dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara KUA-PPAS Kota Lhokseumawe.

Di akhir sambutannya, Suaidi Yahya mendoakan agar Penerintah Kota Banda Aceh dapat terus menjadi yang terdepan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui pengembangan E-Government yang berkelanjutan.

Sementara itu, Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman  mengatakan merupakan sebuah kebahagian tersendiri dapat berbagi melalui kerjasama yang dibangun kedua daerah ini.

“Saya merasa Lhokseumawe sebagai daerah Saya juga, karena pernah bertugas dan menetap disana lima tahun. Ketika Lhokseumawe memiliki komitmen yang sama dengan kami ini merupakan kebanggaan bagi kita semua,” ujar Aminullah.

Aminullah juga menyampaikan apresiasi kepada Pemko Lhokseumawe atas komitmen daerah yang dipimpin Suaidi Yahya tersebut terhadap komitmennya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, efektif, partisipatif, transparan dan akuntabel.

“Salah-satunya, ya dengan menerapkan aplikasi E-Planning dan I-Ren ini,” tambah Aminullah.

Pemko Banda Aceh, lanjut Aminullah telah menggunakan apliaksi ini awal tahun ini dan dirasakan sangat efektif. “Kita sudah mulai tinggalkan yang manual, dan aplikasi ini tidak perlu menghabiskan banyak kertas untuk dokumen,”  ujarnya.

Terkait aplikasi I-Ren, Walikota juga menilai sangat membantu karena melalui aplikasi ini dapat dilihat langsung apasaja usulan masyarakat yang telah diakomodir dan belum diakomodir.

Aminullah juga berharap kerjasama kedua kota ini bermanfaat dan berlanjut dalam bidang-bidang lainnya. “Saya berharap kerjasama ini berlanjut dalam bidang-bidang lainnya. Mungkin nanti ada sesuatu yang lebih baik di Lhokseumawe tolong diinformasikan dan berbagi dengan kami,” harap Aminullah.

Penulis:Teuku Iqbal
Rubrik:Kota

Komentar

Loading...