Pangdam IM Resmikan Cath Lab di Rumkit Tingkat II Iskandar Muda

Banda Aceh, acehportal.com – Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Fachrudin S.Sos, didampingi ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD Iskandar Muda meresmikan fasilitas kesehatan cathtlab ( ateterisasi jantung) di Rumah Sakit TK. II  Kesehatan Kodam Iskandar Muda (Kesdam IM) Kuta Alam, Banda Aceh, Selasa (2/10/17).

Peresmian tersebut dilaksanakan seusai Pangdam membuka kegiatan bakti sosial  kesehatan dalam rangka HUT TNI ke 72 yang diadakan Kodam Iskandar Muda.

Cath Lab Radiologi Intervensi ini merupakan sub spesialisasi radiologi yang memanfaatkan prosedur minimal invasif untuk mendiagnosa dan mengobati penyakit pada hampir semua organ tubuh dengan menggunakan panduan gambar yang dihasilkan dari alat radiologi seperti USG, CT Scan, MRI dan Fluoroskopi.

Penyediaan peralatan kesehatan ini diperuntukkan guna meningkatkan mutu pelayanan di Rumah Sakit TK. II  Kesehatan Kodam Iskandar Muda (Kesdam IM), khususnya di bidang radiologi dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan bagi penderita penyakit kanker.

Kehadiran Cath Lab Radiologi Intervensi yang pertama di Rumah Sakit TK. II  Kesehatan Kodam Iskandar Muda (Kesdam IM) ini untuk semakin menjawab tantangan kebutuhan layanan radiologi, khususnya kepada penderita penyakit kanker, dengan demikian memberi opsi lebih kepada masyarakat untuk menentukan langkah penyembuhan penyakit kanker pada dirinya.

Selain itu, Cath Lab ini dapat memberi petunjuk untuk tindakan selanjutnya seperti pemasangan ring / bypass jantung, keunggulan cath lab selain pada monitor juga menghasilkan gambar 3 dimensi dan sangat minim radiasi.

Pada peresmian Cath Lab turut dihadiri para Asisten, PA Ahli, Kabalakdam IM, Wakil Ketua Persit KCK PD IM beserta pengurus PD IM. Selain itu juga dihadiri pimpinan PT permadika IHC Brigjen TNI (purn),  Dr Mardjono Soebandiono SP .B, Kadis kesehatan Prov Aceh, Kepala Prodia Aceh, dan pimpinan wilayah BRI Aceh.

Komentar

Loading...