Mendagri Resmi Lantik Irwandi Sebagai Gubernur Aceh

acehportal.comMendagri

Acehportal.com,  Banda Aceh - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo resmi melantik Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022 di Gedung DPR Aceh, Rabu (5/7/2017).

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Gubernur Aceh tersebut dilakukan langsung oleh Mendagri pada rapat paripurna istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) di gedung DPRA setempat.

Pelantikan Gubernur Aceh ini di dilakukan dalam pada rapat paripurna istimewa yang mengacu pada Undang-undang Nomor 11 tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh dimana disebutkan bahwa Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh dilantik oleh Mendagri atas nama Presiden RI.

Setelah sesi pengambilan sumpah jabatan itu selesai, kemudian Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf selaku Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh lama menyerahkan jabatan itu kepada pemimpin Aceh yang baru yakni Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah.

Usai dilantik usai dilantik oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah dipeusijuek (tepung tawar) oleh Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al-Haytar.

Di akhir peusijuek terlihat Wali Nanggroe Aceh juga memberikan amplop kepada gubernur dan wakil gubernur namun tidak diketahui isi amplop tersebut.

Ketua DPR Aceh Tgk Muharuddin berharap setelah pelantikan Gubernur Irwandi Yusuf agar tidak terjadi lagi terjadi keributan seperti masa pilkada lalu.

“Perpecahan masa pilkada agar tidak kembali terjadi di Aceh, karena pada saat pesta demokrasi lalu ada kelompok yang terpecah dan menjadi beberapa kubu karena mendukung salah satu pasangan calon,”ujar Tgk Muharudin disela-sela pelantikan tersebut

Ia menyatakan, rakyat Aceh sudah sepatutnya mendukung kepemimpinan Irwandi-Nova, karena dengan kemampuan dan pengalamannya membagun Aceh yang lebih baik ke depan.

Komentar

Loading...