Terlibat Kejahatan dan Desersi 4 Parjurit Kodam IM Dipecat

Pangdm Iskandar Muda Mayjen TNI, Tatang Sulaiman pimpin upacara pemecatan prajurit

Pangdm Iskandar Muda Mayjen TNI, Tatang Sulaiman pimpin upacara pemecatan prajurit

Banda Aceh -- Sebanyak empat prajurit TNI Angkatan Darat (AD) di jajaran Komando Iskandar Muda dipecat. Mereka mendapatkan sanksi pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) karena sejumlah kesalahan, seperti desersi hingga terlibat narkoba.

Upacara pemecatan langsung dipimpin Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI, Tatang Sulaiman yang digelar di Lapangan Jasdam, Neusu, Banda Aceh. Tiga dari empat prajurit dihadirkan ke tengah lapangan upacara, Jumat (17/2).

Adapun empat prajurit tersebut yaitu Serda Yunardi satuan Ba Rindam IM, Praka Zulkifli Tamher satuan Ta Kodim 0101/BS, Prada Erwinsyah satuan Ta Yonzipur 16/DA dan Prada Firmansyah Ta Yonif 115/ML.

Prajurit yang dipecat tersebut saat ini sedang menjalani hukuman di Lapas Kelas IIA Lambaro, Aceh Besar. Mereka divonis beragam sesuai dengan kasusnya, mulai satu tahun hingga enam tahun kurungan.

Panglima Kodam Iskandar Muda, mengatakan, keempat prajurit TNI itu dipecat karena terlibat pelanggaran seperti kasus asusila, narkoba dan desersi. Pemecatan ini sebagai bukti Kodam Iskandar Muda memberikan sanksi tegas bagi prajurit yang melanggar aturan.

“Ini juga sebagai bukti komitmen Panglima TNI, Kasad dan Pangdam Iskandar Muda yang tegas melawan narkoba dengan pemberian sangsi pemecatan, bagi yang terlibat penyalahgunaan narkoba, baik sebagai pengguna, pengedar maupun bandar,” tegas Pangdam.

Selanjutnya, Pangdam mengajak seluruh prajurit agar mulai menjauhi pelanggaran dan meraih prestasi yang setinggi-tingginya dimulai dari diri sendiri, kemudian setelah itu keluarga, satuan hingga pada akhirnya nanti akan membawa harum institusi.

Menurut Tatang, sepanjang 2015-2017 Kodam IM telah memecat 106 prajurit. Sebagian besar pelanggarannya adalah desersi, tidak hadir tanpa izin dari komandan satuan, narkoba, dan asusila. (gun)

Komentar

Loading...