Pilkada Serentak, Golkar Klaim Menang Terbanyak di Aceh

partai Golkar
Jakarta - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang selenggarakan pada 15 Februari 2017,  Partai Golkar mengklaim telah meraih kemenangan sebesar 58 persen. Partai berlambang beringin itu menyatakan meraih kemenangan terbanyak di Aceh.
Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Indonesia I Partai Golkar Nusron Wahid mengatakan dalam pilkada serentak kali ini, Golkar mampu mencetak rekor dengan meraih kemenangan di 7 kabupaten/kota di Aceh. Dari total 23 kabupaten/kota yang ada di Aceh, 20 di antaranya melaksanakan pilkada serentak.
"Paling banyak menang di Aceh. Kita tahu kalau Aceh itu basis GAM atau Partai Aceh. Sepanjang sejarah, Golkar hanya mampu mempunyai bupati maksimal 5. Tapi, alhamdulillah kemarin ada peningkatan, kita menang di 7 kabupaten dan kota," kata Nusron saat konferensi pers soal pilkada serentak di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Jumat (17/2).
Salah satu yang paling bergengsi, kata Nusron, adalah kemenangan calon wali kota yang diusung Partai Golkar, Aminullah Usman dan Zainal Arifin. Berdasarkan perhitungan riil yang dilakukan partai, pasangan ini mengalahkan Illiza Sa'aduddin Djamal dan Farid Nyak Umar.
Namun demikian, Nusron mengatakan Golkar juga kalah di sejumlah wilayah yang merupakan basis partai di Aceh. Misalnya, Kabupaten Singkil, Kabupaten Aceh Tenggara, dan Kabupaten Nagan Raya.
Selain itu, di Aceh Tengah dan Aceh Barat, kata Nusron, Partai Golkar masih menunggu perhitungan KPU. Sebab, ada perbedaan yang sangat tajam antara hitung cepat yang dilakukan Golkar dengan hitung cepat yang dilakukan lawan.
Di Aceh Tengah, berdasarkan perhitungan internal partai, Golkar menang dengan selisih 981 suara sementara berdasarkan perhitungan lawan, Golkar kalah dengan selisih 402 suara. "Di Aceh Barat, di mata Golkar kita menang 181 suara namun di mata lawan kalah 212 suara. Jadi masih menunggu perghitungan full C1 di KPU," ujarnya.
Nusron mengatakan jika Golkar menang diadua kabupaten itu, maka partai itu mencatatkan kemenangan kemenangan di 9 kabupaten dan 1 kota di Provinsi Aceh. Perhitungan yang dibuat Golkar merupakan hasil hitung internal. Partai masih menunggu hasil resmi yang akan dirilis KPU. (kumparan)

Komentar

Loading...