Kasdam IM Hadiri Rakor Peningkatan Upsus Produksi Pertanian Pangan

00000000

Banda Aceh -- Kepala Staf Kodam Iskandar Muda (Kasdam IM) Bigjen TNI Ahmad Daniel menghadiri Rapat Koordinasi Pelaksanaan Program Peningkatan Produksi, Produktivitas dan Mutu Hasil Tanaman Pangan Tahun 2017 yang diadakan oleh Dinas Pertanian di  Gedung Amel Convention Hall Jl. Prof Ali Hasyimi no 8, Lamteh. Kamis (9/2/17).

Rapat diikuti oleh Dirjen Perkebunan, Dirjen Tanaman Pangan, Staf Ahli Menteri dan Kadistan Perkebunan, para Danrem, para Dandim, para Kasiter Korem, para Pabung jajaran Kodim, para Kadistan Kabupaten/kota, para Kabid Produksi Tanaman Pangan, Kabid Penyuluh dan Kabid Usaha Tani dan Perluasan Sawah Kabupaten/Kota se-Provinsi Aceh.

Dalam kesempatan  tersebut, Kasdam IM  menyampaikan sambutan Panglima Iskandar Muda Mayjen TNI Tatang Sulaiman bahwa membangun ketahanan pangan harus dilandasi oleh kemandirian dan kedaulatan pangan sebagai ruhnya dengan pelibatan lintas sektor dan sinergisitas semua komponen dengan instansi terkait.

Berbagai upaya pemerintah seperti pembagian mesin pertanian, benih, pupuk, pembangunan irigasi akan dapat memperbesar dan meningkatkan produksi pertanian Indonesia khususnya di wilayah Provinsi Aceh. Tahun 2016 Peningkatan ketahanan pangan Indonesia naik menjadi 50,6 dari sebelumnya 47,9 dan peringkat ketahanan pangan naik pada posisi ke-71 dari 113 negara dari sebelumnya ke-76 pada 2014 dan 2015.

Peran penyuluh pertanian sangat penting dalam upaya mewujudkan swasembada, sekarang Indonesia tidak mengimpor beras, dan penurunan impor komoditas jagung sebanyak 66% ini adalah hasil kerja keras dan keberhasilan anak bangsa, THL-TBPP, TNI, maupun Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) yang bergerak cepat dalam upaya meningkatkan produksi tanaman pangan.

Selain itu Kasdam menjelaskan bahwa persoalan ketahanan pangan sudah menjadi bagian tanggungjawab TNI, dan TNI mendukung program yang sudah dicanangkan oleh pemerintah, tetap komitmen dengan tujuan bersama untuk mensukseskan program swasembada pangan dan Pangdam IM telah memerintahkan kepada para Dandim untuk mendukung penuh.

Rapat tersebut bertujuan untuk program di T.A 2017 mengupayakan dan melakukan  penanaman padi, jagung, dan kedelai menjadi tujuan utama yang akan dilaksanakan di tiap-tiap Kodim jajaran Kodam IM dengan mengoptimalkan peran para Babinsa selaku pendamping sekaligus pendorong upaya meningkatkan swasembada oangan bersama tim penyuluh pertanian serta instansi terkait.  (**)

Komentar

Loading...