Pidie Dapat Penghargaan SaMA Award dari Mendikbud

pidie-raih-penghargaan-sama-dari-kemendikbud

Sigli- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, menyerahkan penghargaan School and Madrasah Acreditations (SaMA)  award kepada Pemerintah Kabupaten Pidie. Karena dinilai, berkomitmen mendukung berbagai program pendidikan serta aktif dalam akreditasi sekolah umum dan agama.

Kabag Humas Setda Pidie, Safrizal mengatakan, penghargaan dan kehormatan bagi daerah yang diserahkan oleh Mendikbud RI, Muhajir Effendi dan diterima langsung Plt Bupati Pidie, DR Munawar A Djalil, di Hotel Aston Imperial, Bekasi, Selasa (29/11) malam, karena Pemkab Pidie aktif dan peduli terhadap masalah pendidikan di daerahnya, baik umum maupun agama.

Dia menambahkan, dengan mendapatkan pengharagaan tersebut sangat merasa bangga. Karena dari delapan Kabupaten/kota di Indonesia, hanya dua daerah di Aceh yang terpilih, yakni Pidie dan Aceh Selatan.

Menurutnya,  proses pemberian penghargaan itu dilakukan melalui seleksi yang ketat oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) Kemendikbud. Sehingga hanya dua kabupaten saja di Aceh yang mendapatkannya.

“Penghargaan tersebut, juga tidak lepas dari kepedulian daerah yang mendapat dukungan sepenuhnya dari kalangan pendidik di Pidie,” ujarnya.

Ketua BAN S/M, Dr Abdul Mut’i menyebutkan, penghargaan SaMA diberikan atas kerja keras Pemkab Pidie, karena mendukung dana APBD untuk dana pendamping APBN dalam upaya meningkatkan perbaikan akreditasi sekolah, serta memikirkan siswa putus sekolah dan membantu siswa yang mengikuti pendidikan di luar daerah.

Sementara itu, Mendikbud Muhajir Efendi mengatakan, penghargaan seperti ini harus menjadi pemicu bagi pemerintah daerah, untuk bekerja lebih keras lagi dalam mendukung perbaikan mutu pendidikan di daerah masing-masing.

"Kita butuh  samakan langkah dalam memacu kerja  efektif bagi peningkatan mutu peserta didik kita, dimana permasalahan itu ada di daerah. Dan, daerah berada paling depan dalam mencapai tujuan pendidikan nasional kita," ujar Muhajir.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Pidie Dr Munawar A Jalil menyatakan rasa terima kasih kepada Badan Akreditasi Propinsi Aceh. Karena bersungguh-sungguh membantu Pidie dalam memperbaiki akreditasi sekolah, sehingga mendapat penghargaan ini.

Plt Bupati juga sangat bangga dengan mendapatkan penghargaan dibidang pendidikan. Karena dalam tahun ini sudah dua kali diperoleh daerahnya.

“Semoga kedepan ada lagi penghargaan yang akan diraih,” ujarnya. (raju)