Ketua YaPKA: Hasil Survey 50 Restoran dan Rumah Makan di Banda Aceh Halal

Produk Halal

Banda Aceh - Ketua Yayasan Perlindungan Konsumen Aceh (YaPKA), Fahmiwati mengatakan, pihaknya telah melakukan survey terhadap 50 restoran dan rumah makan di wilayah Banda Aceh.

“Kita telah melakukan survey 50 restoran dan rumah makan, dan hasilnya Alhamdulillah halal,”ujar Fahmiwati, saat membuka Lokakarya Survey Produk Halal di Wilayah Kota Banda Aceh Tahun 2016, Selasa (29/11) di Banda Aceh.

Ia menyatakan, keberhasilan survei ini berkah atas dukungan dari pihak Dinas Perindustriand an Perdangan, Koperasi dan UKM Kota Banda Aceh. “Alhamdullilah semua restoran dan rumah makan di Banda Aceh halal,”ungkapnya.

Dikatakannya, pihaknya melakukan survey terhadap bahan baku yang digunakan, seperti daging dan bahan baku lainnya mencapai 80 sample. Kemudian sample-sample tersebut diperiksa di Lab dan hasilnya semuanya halal.

“Tujuan kita lakukan survey ini adalah untuk memberikan hak konsumen. Untuk umat Muslim apalagi pendatang, mereka harus mendapatkan info restoran dan rumah makan mana yang menyediakan makanan halal,”jelas Fahmawati.

Sementara itu, Plt Walikota Banda Aceh, Hasanuddin Ishak mengatakan, saat ini Pemerintah Aceh sedang gencar-gencarnya mempromosikan Aceh sebagai daerah tujuan wisata halal.

Apalagi, katanya, Banda Aceh sebagai Ibukota Provinsi memiliki potensi paling besar untuk berinteraksi dengan pendatang, tentunya harus lebih pro-aktif dan mampu menjadi contoh bagi daerah-daerah lainnya khususnya di Aceh. “Oleh karena itu, produk halal sangat menentukan kenyamanan bagi umat muslim yang ingin beriwisata di Banda Aceh,”paparnya.

Untuk itu, ungkapnya, pengawasan terhadap produk halal tidak hanya menjadi tugas Pemerintah Kota Banda Aceh saja, tetapi juga tugas semua dari berbagai unsur.

“Peran dari para ulama, Perguruan Tinggi, Lembaga Non Pemerintah, Pemilik Usaha dan Instansi terkait menunjukkan kepedulian kita bersama akan upaya peningkatan kualitas produk halal di Banda Aceh,”pungkasnya.(raja)

Komentar

Loading...