Ini 10 Kabupaten/Kota di Indonesia yang Raih Sanipura Award

Ist.

Ist.
Ist.

Banda Aceh - Sebanyak 10 Kabupaten dan Kota di Indonesia meraih penghargaan Sanipura Award di bidang inovasi dan penigkatan pelayanan sanitasi di daerah.  Penghargaan itu diumumkan dalam Konferensi City Sanitation Summit  (CSS) XVI, di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Kamis (24/11/2016).

Ke-10 penerima Sanipura Award pada tahun ini, diantaranya Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Magetan, Kabupaten Sleman, Kota Bogor, Kota Makassar, Kota Balikpapan, Kota Banda Aceh, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Ngawi dan Kota Surabaya. Penghargaan diserahkan lansung oleh Menko PMK, Puan Maharani serta disaksikan oleh Menteri PUPR Basuki.

Puan Maharani menyebutkan, masih banyak masyarakat Indonesia yang masih belum dapat menikamati akses terhadap sanitasi.

“Masih ada sekitar 120 juta orang Indonesia yang belum memiliki sanitasi yang layak, ini merupakan tangungjawab kita bersama untuk mewujudkan target pencapaian akses sanitasi universal pada 2019,” katanya.

Menurutnya, dalam memenuhi target akses sanitasi ini, kerjasama serta dorongan dari masyarakat sangat penting sehingga dapat mewujudkan kondisi masyarakat Indonesia yang sehat dan sejahtera.

Pemerintah menargetkan di akhir tahun 2019, Indonesia dapat mencapai universal access air minum dan sanitasi. Hal ini dimaknai dengan penyediaan akses 100 persen kepada masyarakat untuk mendapatkan layanan air minum dan sanitasi yang layak, seperti yang tertuang dalam Undang-Undang 17 tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPN) 2005-2025. (adi)