Operasi Zebra di Blangpidie, Puluhan Kenderaan Terjaring Razia

foto: republika

Ilustrasi, foto: republika
Ilustrasi, foto: republika

Blangpidie - Puluhan kendaraan roda empat dan roda dua terjaring Operasi Zebra Rencong 2016 yang digelar Satlantas Polres Aceh Ba­rat Daya (Abdya) di kawasan Jalan Persada Keca­ma­tan Blangpidie, Rabu (16/11/2016).

Kapolres Abdya AKBP Hairajadi,SH melalui Kasatlantas Iptu Rj Agung Pratomo, Sik,  mengatakan, umum­nya pe­langgaran yang dilakukan pengen­dara ka­rena tidak me­makai helm, tidak memiliki surat-surat kepemilikan kendaraan, kenda­raan melawan arus dan menerobos lampu merah.

“Setiap pelanggar akan ditindak langsung (Tilang) sesuai dengan kesalahan masing-masing. Mereka yang ditilang juga diberikan pemahaman agar taat peraturan lalulintas,” ujarnya.

Dikatakan, setiap pelanggaran oleh pengguna jalan akan ditindak ber­dasarkan ketentuan yang terdapat dalam Undang-Un­dang Lalu Lintas.

Selain memeriksa SIM dan STNK, petu­gas gabungan yang terdiri atas personel Sat­lantas, Dinas Perhubungan, Satpol PP di la­pa­ngan juga memeriksa pajak kendaraan yang sudah selesai masa berlaku serta pe­num­pang yang tidak menggunakan helm.

Ditambahkan, operasi ini berlangsung sela­ma 14 hari terhi­tung sejak tanggal 16-29 November mendatang, pelaksanaan razia akan dilakukan pada siang dan sore hari sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan di lokasi yang berbeda-beda.

“Operasi ini rutin dilakukan dan terpusat. Razia akan dila­kukan di tempat-tempat yang berbeda,” paparnya.

Diakui, kesadaran masyarakat dalam penertiban perlengka­pan kendaraan masih kurang. Selama melakukan razia di wila­yah hukum Polres Abdya, banyak pelanggaran terjadi karena tidak ada SIM, STNK, tidak me­makai helm, menggunakan knalpot blong maupun pelanggaran administrasi lainnya.

Untuk itu, pihaknya berharap adanya ke­sadaran dari masya­rakat dalam berlalu lin­tas dan menjadi pelopor bagi dirinya sendiri supaya mereka selamat di jalan raya.

Pemicu kecelakaan lalu lintas yang sela­ma ini terjadi karena banyak pengendara ti­dak memiliki perlengkapan kendaraan, se­hin­gga menghindar dari aparat kepolisian saat sedang ada razia. Oleh karenanya, para pe­ngguna jalan hendaknya mentaati semua aturan tentang lalu lintas demi keselamatan selama ber­kendara, harapnya. (analisadaily)