Korsleting, Diduga Penyebab Kebakaran Markas Polisi Militer

Ilustrasi kebakaran (Foto: Edi Wahyono)

Ilustrasi kebakaran (Foto: Edi Wahyono)

Pontianak - Kebakaran hebat yang menghanguskan bangunan Markas Polisi Militer Kodam XII Tanjungpura (Mapomdam) di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (15/11/2016) malam, diduga berasal dari arus pendek listrik.

Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura, Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti mengatakan, awalnya api berasal dari bangunan yang ada di belakang gedung dan merembet hingga bagian depan.

"Diduga karena korsleting, api awalnya terlihat kecil oleh petugas yang piket. Pada bagian belakang itu, ada panel yang langsung dari listrik ke bangunan itu," ujar Tri.

Api dengan cepat menghanguskan bangunan tua yang sebagian besar berbahan kayu tersebut. Kebakaran berlangsung hingga Rabu (16/11/2016) dinihari. Puluhan mobil pemadam pun dikerahkan di lokasi kejadian.

Pomdam XII/Tanjungpura merupakan satu Badan Pelaksana Kodam XII/Tanjungpura, dengan tugas pokok melaksanakan pemeliharaan dan penegakan hukum, disiplin, dan tata tertib di lingkungan dan bagi kepentingan TNI Angkatan Darat di wilayah Kodam XII/Tanjungpura.

Wilayah hukum Polisi Militer Kodam XII/Tanjungpura meliputi Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) dan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Polisi Militer Kodam XII/Tanjungpura memiliki 2 (dua) Detasemen Polisi Militer, yakni Detasemen Polisi Militer XII/1 Sintang dengan 7 (tujuh) Subdetasemen Polisi Militer yang tersebar di Tujuh Kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat.

Kemudian Detasemen Polisi Militer XII/2 Palangkaraya dengan 5 (lima) Subdetasemen Polisi Militer yang tersebar di Lima Kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah. (kompas.com)