Dikhawatirkan, Jalan Sultan Daulat-SDN 4 Subulussalam Ambles

jalan nasional subulussalam ambles. foto:Analisa

Ilustrasi foto:Analisa

Subulussalam - Kondisi Jalan Sultan Daulat menuju Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Kam­pung Subulussalam, Kecamatan Sim­pang Kiri, ambles akibat curah hujan sangat tinggi selama sebulan terakhir di wilayah tersebut.

Pantauan wartawan di lapangan, Selasa (15/11/2016) badan jalan ambles de­ngan kedalaman sekitar tiga meter dan panjang lima meter serta lebar dua meter sebelah kiri menuju SDN4 Su­bulussalam dan pasar terminal, Keca­matan Simpang Kiri dan Kampung Lae Bersih, Kecamatan Penanggalan.

Selain ambles, kondisi jalan juga me­ngalami keretakan sekitar dua meter, se­hingga berpotensi akan ambles kembali. Sementara ruas jalan yang bisa dilewati hanya sekitar dua meter lagi. Namun, kondisi itu belum aman karena badan jalan sebelah kanan juga sudah mulai miring ke bawah.

“Jika datang lagi tekanan air hujan, maka dipastikan tanahnya akan tergerus dan badan jalan kembali ambles,” kata Muhayin, salah seorang pengguna jalan saat dimintai keterangannya oleh Analisa, Selasa (15/11).

Dikatakan, kerusakan jalan tersebut semakin parah dalam dua pekan terak­hir. Curah hujan begitu tinggi menye­babkan tekanan air semakin kencang saat melewati gorong-gorong di bawah badan jalan tersebut. Jika tidak segera ditanggulangi, dipastikan ambles akan semakin meluas, karena badan jalan sudah ada yang retak.

Diakui, akses jalan ini bukan satu-satu­nya menuju SDN4, pasar terminal, dan Pondok Pesantren Rahmatul Um­mah, namun setiap hari dilalui para sis­wa dan santri, bahkan masyarakat umum lainnya.

“Kita sangat khawatir sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, karena jalan ini setiap hari dilewati anak-anak pergi sekolah,” kata warga lainnya, Bahari.

Kepala Dinas PU Kota Subulus­salam, Anasri ST, MT mengaku sudah menerima laporan terkait badan jalan yang ambles itu. Ia berjanji akan segera melakukan perbaikan dalam dua pekan ke depan, untuk memberikan kenya­manan kepada para siswa melintasinya.

“Dalam waktu dua pekan, akan segera kita perbaiki kerusakan badan jalan itu supaya para pelajar bisa melin­tas dengan nyaman,” tandasnya. (analisadaily)