Jelang Pilkada, Kamtibmas di Aceh Masih Terkendali

Foto: Analisadaily

Banda Aceh - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak menegaskan, meskipun gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Aceh mulai meningkat menjelang Pilkada serentak 2017, namun secara umum masih terkendali.

“Saya sudah instruksikan agar setiap ada gangguan kamtibmas harus cepat ditangani, sehingga tidak meluas,” ujar Kapolda, Irjen Pol Rio S Djambak usai mengikuti HUT ke-71 Brimob di Mapolda Aceh, Senin (14/11/2016).

Kapolda mengakui, gangguan kamtibmas yang terjadi di beberapa wilayah, meliputi tindakan pengancaman, intimidasi, aksi teror bom, pengrusakan sarana-prasarana, peng­rusakan alat peraga kampanye, bentrok antarmassa pendukung, dan gangguan lainnya.

“Kita meminta semua jajaran agar dapat mengantisipasi ancaman teror di daerah Aceh. Saat ini, identitas para pelaku teror dan intimidasi itu sudah kita kanto­ngi,” kata Kapolda.

Untuk itu, Kapolda menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam memelihara kekondusifan daerah. Terwujudnya kondisi yang kondusif bukan menjadi tanggung jawab kepolisian semata, melainkan tu­gas bersama.

“Kita mengajak peran serta seluruh elemen ma­sya­ra­kat, khususnya peserta Pilkada dan massa pendukungnya untuk bersama-sama menjaga kondisi tetap aman,” tegas Kapolda.

Upacara yang dipimpin Kapolda Aceh itu, turut dihadiri Rektor Unsyiah, Kasdam Iskandar Muda beserta pejabat utama Polda Aceh dan undangan lainnya. Usai melaksanakan acara seremonial, digelar peragaan tarung derajat. (analisadaily)