DPRA Minta KIP Aceh Sosialisai Kepada Masyarakat Soal Daftar Pemilih

iskandar-usman-al-farlaky

iskandar-usman-al-farlaky
iskandar-usman-al-farlaky

Banda Aceh -- Ketua Badan Legislasi (Banleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh, Iskandar Usman Al-Farlaky, meminta Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh untuk lebih giat mensosialisasikan kepada masyarakat yang belum memiliki e-KTP bahwa syarat memilih harus memiliki e-KTP. Pasalnya jika tidak, akan banyak warga Aceh yang tidak memiliki hak suara pada Pilkada 2017 mendatang.

“Kita ingatkan penyelenggara pemilu di Aceh untuk bisa menyampaikan secara terbuka kepada masyarakat, bahwa yang memiliki hak pilih di Aceh adalah yang memiliki e-KTP,” katanya.

Iskandar Usman Al-Farlaky juga mengatakan, kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk mengeluarkan surat keterangan kepada masyarakat yang belum memiliki e-KTP agar bisa menggunakan hak suaranya nanti. Dia juga meminta kepada Disdukcapil seluruh kabupaten/kota di Aceh untuk siap melakukan itu.

“Kalau tidak ada akan jadi masalah nantinya. Seperti jika pemilih yang mendukung pasangan A atau B tetapi dia tidak tau harus membuat keterangan karena tidak ada e-KTP, ketika datang ke TPS pasti ditolak oleh penyelenggara,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, dari 3.476.424 warga Aceh yang telah ditetapkan dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS), terdapat 241.849 warga Aceh terancam kehilangan hak pilih karena mareka belum memiliki e-KTP.

Komentar

Loading...