Dispora Bireuen Diminta Dipertahankan

Bireuen - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen mengusulkan ke­pada Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) se­tempat supaya tetap mempertahankan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) sebagai salah satu dinas di lingkungan Pemkab Bi­reuen.

“Jika dilebur, pembinaan atlet yang selama ini sudah ber­jalan dengan baik akan mandeg dan prestasi yang telah diraih selama ini menjadi sia-sia,” kata Sekda Kabupaten Bireuen, Ir Zulkifli SP, Senin (31/10/2016) sore.

Pemkab Bireuen pada prinsipnya tidak ingin dinas yang se­­lama ini telah membina atlet-atlet olahraga dengan baik dan telah berprestadi dileburkan. “Kita akan berupaya mem­per­ta­hankan agar dispora tetap ada,” ujar Zulkifli.

Selain itu, sesuai UU Nomor 3 Tahun 2015 tentang olah­raga dan UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan, setiap pe­merintah daerah wajib membentuk lembaga atau dinas pe­muda dan olahraga, yang melayani bidang pemuda dan olah­raga.

“Dispora mengatur olahraga prestasi, olahraga pendidikan dan kreasi. Sehingga jika dispora dileburkan, berefek pada pem­binaan atlet-atlet berprestasi, khususnya atlet pe­lajar yang se­lama ini telah dibina dengan baik,” tegasnya.

Sekda berkesimpulan, kurang tepat jika dewan meleburkan Dispora. Ia berharap dewan tetap mempertahankan dispora. Sebab dengan pembinaan Dispora Bireuen telah melahirkan banyak atlet berprestasi.

Wakil Ketua DPRK Bireuen, Muhammad Arif menilai pe­leburan dispora untuk efisiensi anggaran. Tetapi jika dispora digabung ke dinas pendidikan, pembinaan atlet tak terjamin. “Ini menjadi dilema, di satu sisi efisiensi, sisi lainnya atlet jadi korban,” katanya. (analisadaily)

Rubrik:News

Komentar

Loading...