Pelajar di Pidie Dibekali Ilmu Jurnalistik

Banda Aceh - Sebanyak 50 peserta guru dan siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA/sederajat) di Kabupaten Pidie dibekali ilmu jurnalistik dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis di kalangan siswa.

“Saya minta semua peserta ini dapat memanfaatkan waktu yang baik guna mempelajari berbagai materi yang disampaikan oleh nara sumber ahli dibidangnya sebagai bekal untuk menulis bagi siswa dan guru,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie, Murthalamuddin di Hotel Grand Blang Asan, Pidie, Kamis (03/11)

Hal itu disampaikan Murthala di sela-sela membuka pelatihan jurnalistik bagi guru dan siswa yang bertajuk melalui pelatihan jurnalistik guru dan siswa se kabupaten Pidie, melahirkan kader-kader jurnalistik handal dan Islami.

Menurut dia, siswa-siswi di sekolah yang ada di Pidie saat ini harus muncul inisiatif sendiri untuk menulis dan menghidupkan majalah dinding di dunia maya dengan mengeskploitasi berbagai hal positif setiap kegiatan yang ada di sekolah.

“Kisah-kisah inspiratif dan tulisan yang muncul di media sekolah dan juga media maya yang dibuat mewakili sekolah juga akan mendorong siswa lainnya untuk ikut berperan aktif,”ujarnya.

Disdik Kabupaten Pidie menyatakan juga siap memfasiltiasi dana kepada guru yang telah mampu memahami tentang jurnalistik, untuk mengajari guru lainnya yang nantinya akan ditularkan kepada siswa-siswi di kabupaten tersebut.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelatihan Jurnalistik, Munawar mengatakan kegiatan pelatihan jurnalistik untuk siswa dan guru tersebut diikuti sebanyak 50 orang yang terdiri dari sepuluh orang guru dan 40 orang siswa.

“Peserta yang ikut pelatihan tersebut merupakan perwakilan dari sekolah SMA/sedarajat di Kabupaten Pidie,” katanya.

Ia menambahkan, kegiatan pelatihan yang diseleggarakan KWPSI bekerja sama dengan Disdik Aceh  tersebut bertujuan melatih kemampuan jurnalistik siswa/siswi yang ada di beberapa kabupaten/kota di Aceh.

Ada pun sejumlah nara sumber yang akan memberikan materi dalam pelatihan jurnalistik yang berlangsung di Kabupaten Pidie tersebut diantaranya Idris Ismail (Serambi Indonesia), M Isa (Mediaaceh.co), Amiruddin (GoAceh), Zamah Sari (Portalsatu), Munawardi Ismail (Waspada), M Nazar (Serambi Indonesia), Zainal Airifin M Nur (Serambi Indonesia) dan M Saman (Analisa).(adi)

Komentar

Loading...