Alumni UIN Ar-Raniry Harus Berperan Bangun Aceh

foto: acehportal.com

foto: acehportal.com
foto: acehportal.com

Banda Aceh, (Acehportal) - Gubernur Aceh, Zaini Abdullah menyebutkan, Anggota Korps Alumni UIN Ar-Raniry (Koniry) harus ikut aktif dalam proses pembangunan di Provinsi Aceh.

"Khusus untuk di Aceh, hampir di setiap wilayah bisa menemukan alumni UIN Ar-Raniry, yang terlibat sebagai intelektual yang punya peran di lembaga pendidikan, swasta hingga ke lembaga pemerintahan,"ujar gubernur saat melantik Dewan Pengurus Pusat Korp Alumni UIN Ar-Raniry periode bakti 2016-2021, di Auditorium Ali Hasyimi, Senin (30/05).

Gubernur Zaini menambahkan, banyak kebijakan di Aceh yang juga dimotori oleh Anggota Koniry.

Terkait pendidikan, kata Gubernur, Pemerintah Aceh menfokuskan pada peningkatan sumber manusia. Pemerintah secara intens menberikan beasiswa penuh bagi putera-puteri Aceh yang menuntut ilmu di berbagai perguruan tinggi baik di Aceh hingga ke luar negeri.

Selain itu, katanya, Pemerintah juga menganggarkan anggaran hingga 20 persen dari total belanja APBA untuk biaya pendidikan yang disalurkan melalui Dinas Pendidikan dan Badan Dayah.

"Pemerintah melalui Dinas Pendidikan juga telah menyalurkan menyalurkan bantuan sosial untuk pendidikan dasar hingga sekolah menengah atas dalam bentuk beasiswa pada ratusan anak yatim yang mencapai 200 miliar," ujar gubernur.

Untuk mencapai semua itu, sebut gubernur, pemerintah butuh dukungan semua pihak termasuk Koniry. "Sebagai mitra strategis pemerintah, kami mengharapkan Koniry bisa meningkatkan kepekaan dan kontribusinya dalam upaya pembangunan yang sedang kita lakukan bersama,”paparnya.

Sementara itu, Ketua panitia, Jasafat menyebutkan, para alumni UIN Ar-Raniry adalah salah satu pihak yang berkiprah dalam pembangunan di Aceh.

Ia menyebutkan, sesuai dengan tema acara yaitu Mensinergikan Potensi Alumni dalam Membangun Negeri, maka saat ini tugas semua untuk bisa mewujudkan hal itu.

"Kita harus mensinergikan antara pemerintah dengan akademisi untuk bisa sama-sama membangun Aceh," ujar Jasafat.

“Kita segera memperkuat komunikasi baik di tingkat internal hingga ke jaringam alumni di berbagai kabupaten. Saat ini, kata Azhari, ada sekitar 60 ribu alumni yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia,”ujar Azhari, Ketua DPP Koniry.

Potensi para alumni UIN Ar-Raniry, kata Azhari akan segera dipersatukan agar kekuatan alumni bisa lebih dimaksimalkan dalam pembangunan.(adi)

Komentar

Loading...