Aceh Raih 2 Medali Emas LKS SMK 2016

logo ap
logo ap

Banda Aceh, (Acehportal) - Kontingen Aceh yang dikirim mengikuti Lomba Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS-SMK) yang dilaksanakan di Malang, Jawa Timur, meraih dua medali emas.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Provinsi Aceh Hamdizal di Banda Aceh, Minggu, mengatakan selain dua emas, kontingen Aceh juga meraih satu perak dan tujuh perunggu.

"Tidak hanya itu, dalam lomba yang diikuti SMK di seluruh Indonesia tersebut, anak-anak Aceh juga meraih 11 juara harapan. Prestasi ini langsung mendongkrak posisi Aceh di ajang tahunan tersebut," kata Hamdizal.

Ia mengatakan, posisi Aceh di LKS SMK 2015 berada di peringkat 27 dari 34 provinsi. Namun, dengan raihan dua emas, satu perak, tujuh perunggu, dan 11 juara harapan, kontingen Aceh berada di posisi delapan secara nasional.

Adapun peraih medali emas di ajang LKS yang dilaksanakan 23 hingga 26 Mei 2016 di Malang, yakni diraih Nurhuda Sembiring dari SMK Negeri 5 Banda Aceh dan Dedi Azhar dari SMK Calang, Aceh Jaya.

Sedangkan medali perak diraih Ramadania dari SMKN 1 Karang Baru, Aceh Tamiang. Serta tujuh medali perunggu diraih Murniyanti dari SMK Negeri 3 Langsa, Vivi Asia Ria dari SMK Negeri 1 Banda Aceh, Rifatul Yuna dari SMK Negeri 1 Banda Aceh.

Serta Izzatul Maudah dari SMK Negeri 1 Banda Aceh, Didit Wahyudi dari SMK Negeri 2 Banda Aceh, Muhammad Alkindi dari SMK Negeri 1 Banda Aceh dan Muchtar Fauza dari SMK Negeri 2 Karang Baru, Aceh Tamiang.

"Prestasi ini tentu membanggakan. Dengan prestasi ini membuktikan bahwa anak-anak SMK di Aceh mampu bersaing di tingkat nasional. Dan ini menunjukkan bahwa pendidikan SMK di Aceh memiliki kualitas," kata Hamdizal.

Dedy Azhar, peraih medali emas LKS SMK 2016, mengaku bahagia dirinya mampu menjuarai ajang tahunan tersebut. Pelajar kelas dua SMK Calang, Aceh Jaya ini, menelurkan karyanya mengenai dosis garam alami untuk penetasan telur ikan lele.

Dedy Azhar mengaku inspirasi membuat karya mengenai garam dari internet. Awal mulanya, ia tertarik mempelajari fungsi dan kegunaan garam alami untuk peruntukan lainnya selain dikonsumsi.

"Saya tidak menyangka karya saya mampu meraih juara. Saya berharap karya saya bisa diterapkan dalam pengembangbiakan budi daya ikan lele," kata Dedy Azhar.

Di ajang LKS SMK 2016, Aceh mengirim 46 peserta untuk mengikut 46 mata lomba. Selain peserta, kontingen Aceh juga didamping ofisial dan guru pendamping serta peserta untuk pameran SMK se Indonesia.

Sementara itu, kepulangan kontingen Aceh dari Malang, Jawa Timur, disambut puluhan pelajar dan orang tua mereka dengan pengalungan bunga di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blangbintang, Aceh Besar, Sabtu (28/5) malam.(Antara)

Komentar

Loading...